Selama hampir lima tahun bergabung dengan 48Group, Rena Nozawa AKB48 telah melalui warna-warni dalam perjalanan karirnya. Mulai dari pahit hingga manis, seperti apa petualangan Rena Nozawa dari JKT48 ke AKB48?

Bergabung dengan JKT48

Rena Nozawa bergabung sebagai member Team J JKT48 pada Desember 2012. Aksen Jepang dan kepribadiannya yang manis membuatnya menjadi salah satu member paling dikenal di JKT48. Saat di JKT48, Rena Nozawa pernah tampil sebagai Senbatsu di single RIVER dan Koi Suru Fortune Cookie.

Rena Nozawa menjadi Senbatsu single Koisuru Fortune Cookie JKT48

Kepindahan ke AKB48

Setelah sempat menyandang status Kennin di JKT48 dan AKB48, Rena Nozawa akhirnya resmi dinyatakan bergabung dengan Team K. Per 1 September 2013, Rena Nozawa meninggalkan JKT48 dan menjadi member tim yang saat itu dikapteni Yuko Oshima.

Rena Nozawa dan Rina Hirata saat masih di Team K

Dua Kali Transfer Tim

Selama bergabung dengan AKB48, Rena Nozawa telah dua kali mengalami transfer tim. Pertama, ia ditransfer dari Team K ke Team B dalam shuffle pada 24 Februari 2014. Ia sempat satu tim dengan member sekaliber Mayu Watanabe dan Yuki Kashiwagi di Team B.

Rena Nozawa dalam MV Loneliness Club Team B (Single ke-38 Kibouteki Refrain)

Sementara itu, transfer kedua terjadi dalam shuffle pada 26 Maret 2015. Rena Nozawa kembali dipindah dari Team B ke Team 4 hingga saat ini.

Team 4 dalam MV Kangeuro Hito (Single ke-44 Tsubasa wa Iranai)

Tiga Tahun Absen Senbatsu

Sejak kepindahannya ke AKB48 tiga tahun lalu, Rena Nozawa belum sekalipun mendapat lagi kesempatan tampil sebagai Senbatsu. Ia pertama kali tampil bersama Team K dalam coupling song Sasameyuki Regret di single ke-33 AKB48, Heart Ereki.

Rena Nozawa dalam MV Sasameyuki Regret Team K (Single ke-33 Heart Ereki)

Posisi Undergirls, Next Girls, Future Girls dan Upcoming Girls di Sousenkyo 2014 dan 2015 pun masih sulit ditembus Rena Nozawa. Bahkan pada 2016, ia memutuskan untuk tidak berpartisipasi dalam Sousenkyo.

Tiga Janken Tournament yang diikutinya selama 2013-2015 juga belum bisa mengantarkannya menduduki posisi Senbatsu.

Mendadak Penuh “Misteri”

Selama beberapa bulan terakhir, Rena Nozawa membuat fans bertanya-tanya dan bahkan mengira ia telah graduate. Pasalnya, akun Twitter @RENAN0ZAWA miliknya mendadak menjadi unverified atau tidak terverfikasi dan sempat lama terkunci.

Rena Nozawa juga diketahui beberapa kali mengeluarkan kicauan aneh seperti “Aku ingin menghilang”. Namun kicauan tersebut langsung dihapus sesaat setelah diposting.

Pada 9 September, Rena Nozawa lagi-lagi memposting tweet misterius terkait namanya yang ia anggap membawa sial. “Nama Nozawa Rena tampaknya membawa kesialan. Rasanya lebih baik kembali memakai nama Rena Nozawa,” ujarnya dilansir dari JKT48 Headline.

TOP7 Janken Tournament 2016

Setelah tiga tahun penuh penantian, kesempatan untuk tampil sebagai Senbatsu itu pun tiba. Lewat Janken Tournament 2016, Rena Nozawa untuk pertama kalinya akan menjadi Senbatsu single AKB48.

Janken Tournament AKB48 baru saja digelar di Kobe World Memorial Hall pada 10 Oktober. Setelah melewati serangkaian pertandingan, Rena Nozawa akhirnya berhasil meraih satu dari tujuh slot unit Senbatsu yang diperebutkan.

Rena Nozawa bersama juara Janken Tournament 2016, Miku Tanabe AKB48

Rena Nozawa sukses menjadi TOP7 Senbatsu Janken usai membabat seluruh lawannya di Block B mulai dari Kurena Chou, Saki Kitazawa, Haruka Ueno hingga Saya Kawamoto. Ia akhirnya kalah dari Haruka Komiyama dalam perebutan posisi center.

Setelah kemenangan di Janken, Rena Nozawa kembali membanjiri Twitter-nya dengan tweet bahagia. Ia bahkan menulis pesan dalam bahasa Indonesia: “Aku menang Janken Tournament! (Aku) jadi Senbatsu! Beli CD-nya ya!”

hosting indonesia