Tidak hanya berbakat sebagai idol, para member JKT48 juga terbukti memiliki otak encer. Salah satunya Kandidat Trainee JKT48 satu ini, Ruth Damayanti. Member Generasi 5 ini ternyata baru saja menjuarai sebuah olimpiade astronomi di sekolahnya.

Fisika biasanya dikenal sebagai “momok” anak sekolah. Namun meskipun berlatar IPS, member yang akrab disapa Ruchan ini ternyata bisa menaklukan rumitnya pelajaran tersebut. Pada 29 Agustus lalu, Ruth bercerita tentang pengalamannya mengikuti olimpiade di sekolah melalui Twitter.

“Aku ikut olimpiade astronomi. Padahal aku udah pensiun, nggak mau ikut-ikutan olimpiade lagi. Tapi karena hanya untuk lomba sekolah, ya sudah aku mau,” ujar Ruth dalam tweet-nya. “Karena astronomi kebanyakan Fisika, aku nganggep yang masuk final itu anak IPA soalnya aku kan IPS.”

Bahkan Ruth sempat terlambat hampir 30 menit dari waktu satu jam yang disediakan untuk tes. Setelah sempat pasrah, tanpa diduga Ruth berhasil masuk final dan akhirnya malah diumumkan sebagai juara olimpiade tersebut.

“Aku peringkat 1 (olimpiade) astronominya. Aku ya kagetlah,” ungkapnya.

Meskipun hanya di tingkat sekolah, Ruth tetap bersyukur dengan prestasi yang dicapainya tersebut. “Soalnya aku selalu kalah olimpiade di kota. Makanya seneng juga bisa lolos walaupun hanya di sekolah,” imbuh Ruth.

Ruth pun berharap agar adik kelasnya kelak bisa melaju ke tingkat olimpiade yang lebih tinggi. “Karena aku dua tahun olimpiade astronomi nggak pernah masuk nasional, makanya pengen banget (ada) adik kelas yang masuk nasional.”

hosting indonesia