Game Pokemon GO memang belum dirilis di Jepang. Namun pemerintah di negara asal Pokemon ini ternyata sudah mulai mengingatkan warganya untuk berhati-hati jika suatu saat game tersebut dirilis.

Pada 20 Juli, NISC, badan pemerintah yang menangani masalah keamanan cyber mengeluarkan selebaran melalui Twitter dan akun LINE. Dalam selebaran berjudul Pesan untuk Trainer Pokemon tersebut, NISC menyebutkan sembilan peraturan yang wajib dipatuhi pengguna Pokemon GO demi keselamatan mereka sendiri.

1page

Kampanye yang dilakukan NISC ini tidak lain ditujukan agar warga lebih waspada mengingat banyaknya kasus kejahatan maupun kecelakaan yang timbul karena Pokemon GO. Peraturan NISC ini mencakup berbagai hal mulai dari urusan personal hingga antisipasi terhadap cuaca. Berikut penjelasannya:

1

1. Jangan mengungkap informasi pribadi

Dibandingkan nama asli, lebih baik gunakan nickname atau nama alias. Jangan pula mengambil foto di dekat rumah dan mengunggahnya ke media sosial.

2. Berhati-hatilah terhadap aplikasi atau perangkat palsu

Penggunaan aplikasi palsu sangat rentan terhadap pembajakan dan virus.

3. Download aplikasi cuaca

Apa hubungannya Pokemon GO dan cuaca? Rupanya, pemerintah Jepang sangat perhatian pada warganya hingga memperingatkan mereka untuk selalu memeriksa prediksi cuaca. Dengan mengetahui kondisi cuaca, gamer bisa bersiap siaga bila cuaca tiba-tiba memburuk.

2

4. Waspadai suhu tinggi

Jepang beberapa tahun terakhir ini dilanda oleh suhu tinggi yang ekstrim. Kondisi cuaca seperti ini bisa jadi sangat membahayakan bagi kesehatan. Oleh karena itu, faktor suhu tidak boleh disepelekan ketika memainkan Pokemon GO. Terlebih lagi, game ini banyak membutuhkan aktivitas outdoor.

5. Sediakan baterai cadangan

Bermain Pokemon GO bisa sangat menguras baterai handphone. Baterai cadangan dibutuhkan jika sewaktu-waktu kita tersesat dan membutuhkan GPS handphone.

6. Selalu siap menghubungi keluarga

Selain baterai, hal-hal lain seperti kartu telepon juga termasuk penting untuk disiapkan. Saat kehabisan baterai handphone, kartu telepon mungkin dapat digunakan untuk menghubungi keluarga dalam keadaan darurat.

3

7. Jangan mendatangi tempat-tempat berbahaya

Ini mungkin adalah poin yang paling penting. Perlu diketahui, banyak insiden tidak mengenakkan atau kecelakaan terjadi di berbagai negara lantaran gamer memasuki tempat-tempat yang tak seharusnya dikunjungi hanya untuk menangkap Pokemon.

8. Jangan menemui orang sembarangan

Berkaitan dengan poin sebelumnya, demi keselamatan diri sendiri, jangan asal menemui orang yang ingin bertemu dengan kita saat bermain Pokemon GO.

9. Jangan berjalan sambil menggunakan handphone

Terlepas dari bermain Pokemon GO atau tidak, menggunakan handphone sambil berjalan bukanlah tindakan yang sepatutnya dilakukan.

Peraturan di atas mungkin terlihat sepele, tapi bukankah membanggakan memiliki pemerintah yang sangat peduli pada warganya bahkan untuk urusan bermain game seperti ini?

Sumber: RocketNews24

hosting indonesia