Jepang, khususnya Tokyo, patut berbangga hati. Pasalnya, National Museum of Western Art (NMWA) yang berlokasi di pusat Tokyo baru saja dimasukkan dalam daftar situs Warisan Dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada 17 Juli.

NMWA adalah museum yang dirancang oleh arsitek Perancis Le Corbusier. Tidak hanya NMWA, sebanyak 16 bangunan hasil desain Le Corbusier di enam negara (Argentina, Jerman, Perancis, Belgia, India dan Swiss) juga akan disahkan sebagai Warisan Dunia.

Dua bangunan yang masuk dalam daftar di antaranya adalah Villa Savoye di Perancis dan Capitol Complex di Chandigarh, India. Sebanyak 17 bangunan karya Le Corbusier akan secara resmi disahkan sebagai situs Warisan Dunia di akhir pertemuan komite pada 20 Juli mendatang.

NMWA merupakan satu-satunya bangunan di Jepang yang dirancang oleh Le Corbusier. Pembangunan museum ini diselesaikan pada 1959 sebagai simbol berlanjutnya hubungan diplomatik antara Jepang dan Perancis pasca Perang Dunia II.

world heritage
en.wikipedia.org

Berlokasi di Taman Ueno, NMWA memiliki tiga lantai berisi berbagai koleksi cetakan dari abad ke-15 dan lukisan dari abad ke-18. NMWA menjadi situs Warisan Dunia ke-20 yang dimiliki Jepang dan yang pertama di pusat Tokyo.

Le Corbusier sendiri sebenarnya lahir di Swiss pada 1887. Ia kemudian berpindah menjadi warga negara Perancis pada 1930. Sepanjang karirnya, ia dikenal sebagai pionir arsitektur modern. Le Corbusier menutup usia pada 1965,

Sumber: JapanToday

hosting indonesia