Menemukan hunian nyaman berkonsep Islami di negara mayoritas non-Muslim seperti Jepang kini bukan lagi hal yang sulit. Di Tokyo, ada sebuah akomodasi bernama Sakura Hotel yang siap menyediakan berbagai kenyamanan untuk pengunjung Muslim.

Jepang kini kian membenahi diri sebagai negara yang ramah terhadap umat Muslim. Selama lima tahun terakhir, pemerintah dan pelaku usaha di Jepang memang gencar memberikan fasilitas berkonsep Islami. Ini dilakukan lantaran Jepang menyadari potensi turis yang besar dari negara-negara mayoritas Muslim seperti Indonesia dan Malaysia.

Tidak hanya universitas saja yang kini telah menyediakan fasilitas untuk Muslim seperti kantin halal. Berbagai akomodasi semisal hotel di Jepang kini juga telah memberi layanan khusus untuk umat Muslim, salah satunya Sakura Hotel.

sakura hotel 1
YouTube – Official NET News

Sakura Hotel memiliki beberapa cabang dan layanan, salah satunya berada di Hatagaya, Shinjuku. Yang spesial, sejak 2013, hotel ini telah menyediakan fasilitas seperti Mushola dan makanan halal untuk turis Muslim.

sakura hotel 2
YouTube – Offical NET News

Selain itu, Sakura Hotel juga memiliki staf Muslim yang siap sedia melayani tamu. Muhammed Ibrahim, misalnya. Ia dipercaya oleh pengelola hotel untuk mengurus segala keperluan tamu Muslim, termasuk makanan dan minuman halal, selama 24 jam.

sakura hotel 3
YouTube – Official NET News

“Hal terpenting bagi manusia adalah makanan,” ungkap Muhammed Ibrahim. “Jadi begitu kita tahu kalau makanan begitu penting, kami menyajikan makanan halal.”

Selain itu, Sakura Hotel juga menyediakan asrama yang ramah untuk Muslim. Asrama bernama Muslim House ini masih berada di kawasan hotel. Penghuni Muslim House rata-rata adalah pelajar yang belum mendapat hunian di Tokyo. Mereka biasanya menyewa kamar di asrama ini selama satu bulan.

Saat reporter Muslim Travelers mengunjungi Muslim House, ia disambut oleh salah seorang penghuni bernama Wahid asal Perancis. Wahid memilih Muslim House karena tempat ini menyediakan fasilitas untuk umat Islam.

sakura hotel 4
YouTube – Official NET News

Rumah ini sendiri terdiri atas dua lantai yang memisahkan penghuni pria dan wanita. Lantai bawah ditujukan bagi penghuni pria, sedangkan lantai atas untuk wanita. Dan tentunya, Muslim House juga memiliki Musholla untuk beribadah.

sakura hotel 5
YouTube – Official NET News
sakura hotel 6
YouTube – Official NET News

Tidak hanya itu, Sakura Hotel juga berada dekat dengan restoran Mesir yang dijamin kehalalannya, serta berbagai fasilitas publik seperti Masjid Tokyo Camii dan Turkish Culture Center.

Untuk tarif, Sakura Hotel memasang harga sewa yang berbeda tergantung pada tipe kamar dan jumlah orang.

Single room: 7,150 yen/orang
Twin room: 11,900 yen/orang
Triple room: 15,150 yen/orang

Alamat Sakura Hotel Hatagaya

1-32-3 Hatagaya Shibuya-ku, Tokyo Japan 151-0072
Tel: +81-3-3469-5211 (khusus Jepang: 03-3469-5211)

Berbagai fasilitas lain yang disediakan Sakura Hotel adalah internet, kafe 24 jam, dan kamar mandi dalam. Bagaimana? Tertarik untuk berkunjung ke hotel satu ini?

hosting indonesia