Pemilihan Senbatsu (Senbatsu Sousenkyo) AKB48 memang tak ubahnya “pesta demokrasi” bagi fans. Bukan rahasia lagi jika tim sukses dari setiap member rela menghabiskan dana yang tak sedikit untuk meraup voting. Lalu, berapa kira-kira dana yang dihabiskan fans untuk Pemilihan Senbatsu tahun ini?

Belum lama ini, Buzzfeed Japan mencoba mencari jawaban dari pertanyaan tersebut. Mereka menjumpai sejumlah fans yang bersedia mengungkap besarnya dana yang mereka keluarkan untuk mendukung member favorit mereka.

Jawaban yang diberikan pun beragam. Seorang pria Rusia di Tokyo mengaku telah mengeluarkan 5,000 yen untuk Mio Tomonaga (peringkat 23), seorang pria 24 tahun lainnya menghabiskan 70,000 yen untuk Sakura Miyawaki (peringkat 6), dan seorang pendukung Rino Sashihara (peringkat 1) mengaku menghabiskan 300,000 yen.

menelisik dana yang dihabiskan fans untuk pemilihan senbatsu akb48 2
Twitter – BuzzFeedJapan

Namun, angka yang disebutkan di atas masih belum seberapa dengan penggemar satu ini. Seorang penggemar Akari Suda (peringkat 7) mengaku telah menggelontorkan 1,600,000 yen untuk pemilihan kali ini.

Ballot untuk pemilihan tahun ini bisa didapat dari CD Tsubasa wa Iranai yang berharga 1,200 yen. Semakin banyak CD yang dibeli, semakin banyak pula kesempatan untuk memberi suara. Jika demikian, penggemar Akari Suda tersebut diperkirakan telah membeli sekitar 1,300 CD AKB48 demi mendukung sang idola.

Sumber: OTAKU USA

hosting indonesia