Menindaklanjuti komitmen untuk memberantas pembajakan, pemerintah Jepang akhirnya kembali memperketat inspeksi anime dan film ilegal. Menurut laporan Yomiuri, Kementerian Ekonomi, Perdagangan, dan Industri Jepang saat ini tengah bekerjasama dengan seorang spesialis.

Langkah ini ditempuh pemerintah untuk memperkuat upaya mereka dalam memerangi pembajakan. Sejauh ini, Kementerian telah menggunakan komputer yang mampu mendeteksi video ilegal secara otomatis. Hanya saja, jumlah video yang terselip dari inspeksi komputer terus meningkat.

Oleh karena itu, Kementerian memutuskan untuk melakukan pengecekan ulang dengan komputer dan analisa manusia. Seorang pakar yang mahir dalam menemukan video ilegal kini telah direkrut oleh pemerintah. Ia akan bertugas menjelajahi berbagai situs streaming video dan memeriksa apakah ada pelanggaran hak cipta dengan menonton video tersebut satu per satu.

Pada 2015, kerugian akibat pembajakan diperkirakan mencapai $450 juta. Lembaga penyiaran dan distributor film Jepang saat ini juga sedang bekerjasama dengan The Content Distribution Association (CODA) untuk menjaring video ilegal.

Sumber: Crunchyroll

hosting indonesia