Seorang penggemar mengutarakan pandangannya terkait konflik antara AKB48 dan SNH48. Tidak hanya sekedar berkomentar, fans satu ini juga memberi penjelasan dan analisisnya terkait permasalahan yang terjadi. Berikut adalah komentar yang ditulis oleh penggemar tersebut terkait masalah AKB48-SNH48:

“Pertama, kita tidak tahu detail kontrak di antara AKS dan manajemen SNH48. Saat ini, (masalah ini baru sebatas) pernyataan AKS vs. pernyataan SNH48. Biarkan mereka menentukan ini di pengadilan jika memang harus berakhir demikian. Oleh karena itu, jangan terlalu cepat mengambil kesimpulan untuk saat ini.

Pada kenyataannya, seberapa baik hubungan di antara mereka sebenarnya jika SNH48 tidak pernah diundang ke konser AKB48 di Jepang?! Aku berharap ada interaksi yang lebih di antara AKB48 dan SNH48. Konser kelulusan Sae Miyazawa berlangsung baik. Di luar itu, hanya ada kunjungan sesekali member SNH48 ke Teater AKB48. Hanya itu. Itu adalah apa yang aku tidak suka dari manajemen AKS.

Kedua, Teater SNH48 di Shanghai telah mencapai (batas) kapasitas. Mengingat besarnya pasar Cina, manajemen SNH48 melihat perlunya mereka melakukan ekspansi ke luar kota untuk memperoleh lebih banyak keuntungan. Selain itu, di Cina juga telah ada idol group lainnya yang bersaing dengan SNH48. Oleh karena itu, untuk memperoleh pasar di Cina, SNH48 perlu berekspansi ke Beijing dan Guangzhou secepat mungkin. AKS seharusnya berdiskusi dengan SNH48 dan mengetahui bahwa BEJ48 dan GNZ48 akan dibentuk.

Ketiga, konten AKB48 telah membantu SNH48 untuk membangun teater dan menarik penggemar dari sisi AKB48. Namun, penerjemahan (lirik) dari Jepang ke Cina tidak selalu sempurna. Sering kali, versi Cina dari lagu AKB48 mendapat kritik bahkan dari penggemar AKB48 sendiri. Jika SNH48 ingin sukses di media massa Cina, kendala ini harus dihilangkan. Oleh sebab itu, memiliki lagu original adalah satu-satunya cara bagi SNH48 untuk meraih sukses di pasar Cina. Faktanya, setelah menerima investasi 1 milyar yuan, SNH48 kini telah memiliki modal untuk menciptakan lagu-lagu mereka sendiri.

Terlebih lagi, rasanya tidak tepat bagi AKS untuk mengabaikan SNH48 yang terus meraih popularitas. Jika AKS memutuskan untuk membentuk sebuah grup baru di Cina, pasti akan sulit untuk berkompetisi dengan SNH48 yang telah membangun diri mereka sebagai pemimpin idol group di Cina.

Sebagai penggemar SNH48, konflik ini sebenarnya telah diantisipasi oleh sebagian besar fans ketika AKS tidak menyebut BEJ48 dan GNZ48 bersama grup baru di Filipina dan Thailand. Aku akan bahagia melihat AKB48 dan SNH48 tetap menjadi keluarga besar yang bahagia. Tetapi itu tidak masalah lagi karena aku akan tetap mengikuti SNH48. Terlepas dari apapun hasilnya, format 48 telah dibangun di Cina dan SNH48 akan selalu menjadi bagian dari sejarah 48Group.”

hosting indonesia