Sebuah peringatan untuk kita agar berhati-hati saat berada di toilet umum. Perlu diwaspadai, kamera keamanan kini telah banyak disalahgunakan dalam berbagai modus kejahatan. Pada 24 April, seorang netizen Jepang membagi pengalamanya saat menemukan benda mencurigakan yang diduga adalah kamera tersembunyi di toilet.

Selain karena ditempatkan di lokasi yang tidak wajar, benda berupa gantungan tas/jaket tersebut juga memiliki sebuah lubang yang kemungkinan adalah lensa kamera. Melalui sebuah postingan di Twitter, netizen tersebut bercerita:

“Ketika aku pertama kali memasuki toilet, [aku memperhatikan bahwa] gantungan untuk tasku berada di lokasi yang aneh. Ketika aku kembali masuk lagi, gantungan itu sudah tidak ada. Aku rasa itu mencurigakan karena tidak ada indikasi bahwa gantungan itu rusak atau lepas dari tembok. Jika kalian melihat sesuatu seperti ini, berhati-hatilah. (Ngomong-ngomong, saat pertama melihatnya aku merasa bahwa gantungan itu aneh dan aku menutup lubangnya dengan plester).”

kamera tersembunyi di toilet
Gambaran kamera tersembunyi di toilet yang dibuat netizen | Screenshot: Twitter – nekoninaritai3

Postingan itu kemudian mendapat tanggapan dari netizen lainnya. Disertai dengan postingan gambar, netizen tersebut mengungkap bahwa gantungan mencurigakan itu sebenarnya adalah salah satu jenis kamera keamanan yang beredar di pasaran. Netizen tersebut mengungkap, “Aku melihat [kamera pada gambar] di sebelah kiri atas di warnet tempatku bekerja. Semua orang, tolong waspada ketika menggunakan toilet.”

kamera tersembunyi di toilet
Screenshot: Twitter – fukurahagi0930

Kamera keamanan yang seharusnya ditujukan untuk menjamin keamanan seringkali justru dimanfaatkan untuk aksi kejahatan. Oleh karena itu, kita perlu ekstra waspada terhadap praktik-praktik tak bertanggungjawab seperti ini.

Sumber: RocketNews24

hosting indonesia