Apa sih sebenarnya perbedaan antara fashion GothLoli (Gothic Lolita) dan Kuro Lolita? Karena sama-sama berasal dari tren Lolita, dua jenis fashion ini memang tampak mirip. Oleh karena itu, sebelum membahas GothLoli dan Kuro Lolita, ada baiknya kita menyimak lebih dulu apa itu fashion Lolita yang sangat populer di Jepang.

Menurut sejarahnya, fashion Lolita mulai berkembang di Jepang sejak tahun 1980-an dan dikenal dengan sebutan “doll fashion” (“fashion boneka”). Lolita sama sekali tidak ada kaitannya dengan buku kontroversial Lolita (1955) karya penulis Rusia-Amerika Vladimir Nabokov. Jauh berbeda dengan konotasinya yang “negatif”, Lolita sebenarnya merupakan tren fashion yang muncul sebagai reaksi terhadap penggunaan pakaian yang terlalu mengekspos kulit. Lolita bahkan sempat populer dijadikan sebagai inspirasi untuk kreasi busana Muslim.

gothloli dan kuro lolita 5
Busana Muslim dengan Desain Lolita |Sumber: zilzarlife.com

Dibandingkan menciptakan image sexy, Lolita lebih bertujuan untuk menciptakan kesan kawaii, elegan dan cenderung lebih sopan. Pakaian Lolita lebih tertutup, biasanya dengan lengan panjang dan rok yang mencapai sebatas lutut. Karakteristik utama dari Lolita adalah fashion ini terinspirasi dari busana kerajaan Inggris di era Victoria. Oleh karena itu, meskipun berasal asli dari Jepang, fashion ini memiliki nuansa Eropa yang sangat kuat.

gothloli dan kuro lolita 4
Sumber: rebloggy.com

Seiring perkembangannya, Lolita kini telah dikreasikan menjadi berbagai jenis, dua di antaranya adalah GothLoli dan Kuro Lolita. Persamaan dari GothLoli dan Kuro Lolita adalah keduanya sama-sama identik dengan warna gelap, terutama hitam.

Bedanya, jika GothLoli masih memungkinkan untuk dikombinasikan dengan berbagai warna seperti abu-abu, putih dan merah, maka Kuro Lolita hanya menggunakan satu warna hitam saja. Secara harfiah, “kuro” dalam bahasa Indonesia memiliki arti “hitam”. Umumnya, pemakaian busana GothLoli juga dibarengi dengan make-up yang lebih tebal dan smokey.

Gothloli dan Kuro lolita
GothLoli | Sumber: tokyofashion.com
gothloli dan kuro lolita 2
Kuro Lolita | Sumber: sweetlolitaquest.blogspot.com

Kebalikan dari Kuro Lolita adalah Shiro Lolita. Dalam bahasa Indonesia, “shiro” berarti “putih” sehingga bisa ditebak bahwa fashion ini sepenuhnya hanya berfokus pada warna putih. Kuro dan Shiro Lolita seringkali dibuat ke dalam satu pasang busana dengan desain yang sama, hanya saja berbeda warna.

gothloli dan kuro lolita 3
Shiro Lolita | Sumber: eglafashion.blogspot.com

Secara visual, memang terkadang cukup sulit membedakan fashion GothLoli dan Kuro Lolita. Tetapi, pada dasarnya, keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Semua fashion Kuro Lolita bisa jadi adalah GothLoli, tetapi tidak semua GothLoli adalah Kuro Lolita.

hosting indonesia