Menyusul berbagai kontroversi, Ghost in the Shell dirumorkan telah melakukan sebuah tes efek visual untuk mengubah etnis pemainnya. Tampaknya, tim produksi menganggap kontroversi bisa diredam apabila etnis Scarlett Johansson diubah menjadi lebih Asia.

Sejak awal, pemilihan Johansson yang berdarah Denmark-Polandia sebagai aktris utama Ghost in the Shell telah menuai banyak pro dan kontra. Pasalnya, banyak yang mempertanyakan mengapa Major Motoko Kusanagi, yang notabene merupakan karakter Asia, tidak diperankan oleh aktris dari etnis yang sesuai. Maklum saja, manga Ghost in the Shell karya Masamune Shirow sendiri berasal dari dan mengambil lokasi di Jepang.

scarlett johansson
Kabarnya, etnis Scarlett Johansson diubah menjadi Asia di Ghost in the Shell | animenewsnetwork.com

Setelah menuai begitu banyak kritik, produser Ghost in the Shell dikabarkan mencoba untuk menggunakan efek visual terhadap Johansson. Menurut berbagai sumber, Paramount Pictures dan DreamWorks telah melakukan sebuah tes efek visual yang akan ‘mengubah etnis’ Johansson. Dengan evek visual tersebut, Johansson yang beretnis Kaukasian dapat ‘disulap’ menjadi lebih terlihat seperti wanita Asia dalam film.

Namun, setelah tes selesai dan ditinjau, ide untuk menggunakan efek visual dikabarkan langsung ditolak.

Pihak Paramount sendiri mengakui adanya tes, tetapi membantah bahwa tes tersebut terkait dengan efek visual untuk Johansson. Paramount menjelaskan, “Sama sekali tidak ada tes efek visual pada karakter Scarlett dan kami tidak memiliki rencana untuk melakukannya.”

Tetapi, dari berbagai sumber yang diperoleh Screen Crush, tes tersebut sebenarnya memang berfokus pada karakter Johansson. Meskipun demikian, sang aktris sama sekali tidak dilibatkan dalam tes. Sementara itu, pihak Lola VFX selaku penyelenggara tes menolak memberi komentar.

Di tengah berbagai kontroversi, ada pula yang tidak setuju jika etnis Scarlett Johansson diubah oleh Ghost in the Shell.

Sumber
Screen Crush: http://screencrush.com/ghost-in-the-shell-whitewashing-scarlett-johnasson-vfx/

hosting indonesia