Dua gempa bumi dahsyat dan sekitar 100 gempa susulan telah melanda Prefektur Kumamoto sejak 14 April. Berbagai bangunan di sekitar prefektur di Pulau Kyushu tersebut dilaporkan mengalami kerusakan, tidak terkecuali Kastil Kumamoto. Telah berdiri selama ratusan tahun, bagaimanakah kondisi Kastil Kumamoto di tengah guncangan gempa 6-7 skala richter saat ini?

kastil
Bagaimana nasib Kastil Kumamoto di tengah Guncangan gempa? | williamdelange.com

Segera setelah gempa bumi mengguncang selatan Kyushu, beredar rumor bahwa Kastil Kumamoto telah hancur. Tetapi, sebuah laporan berita memastikan bahwa kastil hingga kini masih berdiri meski mengalami kerusakan di tembok batu, atap dan beberapa patung. Saat dihantam gempa pertama 6,5 SR pada 14 April, tembok batu kastil sebelumnya masih bisa bertahan dengan sedikit kerusakan.

kyushu 4
Twitter – @kinisoku
kyushu 2
asahi.com

kyushu 5
Twitter – @NHK_News

Namun, setelah diguncang gempa 7,3 SR pada 16 April, Kumamoto harus kehilangan dua asetnya yang berada di wilayah timur kompleks kastil. Menara Kita-juhachiken dan Menara Higasi-juhachiken yang telah ada sejak abad ke-17 kini kondisinya telah hancur.

kyushu
Menara Kita-Juhachiken setelah gempa | asahi.com

kyushu

Kastil Kumamoto telah berdiri selama 400 tahun sejak dibangun oleh Kato Kiyomasa pada 1607. Bersama Kastil Himeji dan Kastil Matsumoto, Kastil Kumamoto menjadi salah satu dari tiga kastil paling penting di Jepang.

Sumber
RocketNews24: http://en.rocketnews24.com/2016/04/16/centuries-old-kumamoto-castle-continues-to-battle-intense-earthquakes/
The Asahi Shimbun: http://www.asahi.com/ajw/articles/AJ201604160043.html
The Strait Times: http://www.straitstimes.com/asia/east-asia/japan-quake-breaches-the-historic-walls-of-400-year-old-kumamoto-castle

 

hosting indonesia