Gempa berkekuatan 6,5 Skala Richter (SR) melanda wilayah barat daya Jepang pada 14 April. Gempa di Prefektur Kumamoto, Pulau Kyushu, tersebut telah menewaskan setidaknya 9 orang dan mengakibatkan lebih dari 700 orang luka-luka.

Berdasarkan data Badan Meteorologi Jepang, gempa terjadi pada pukul 21:26 JST. Kekuatan gempa bahkan mencapai level maksimum 7 di kota Mashiki, di selatan Kyushu. Ini merupakan gempa berskala 7 pertama yang mengguncang Jepang sejak gempa bumi dan tsunami pada 11 Maret 2011. Tidak ada peringatan tsunami yang dikeluarkan dan tidak pula ditemukan gangguan di pembangkit listrik tenaga nuklir.

Dalam konferensi pers pada 15 April, Badan Meteorologi Jepang mengungkap telah terjadi 103 gempa susulan menjelang pukul 06:00 JST.

gempa kyushu 1
Gempa di Prefektur Kumamoto telah menewaskan setidaknya 9 orang

9 korban yang dikonfirmasi tewas terdiri atas 3 pria dan 4 wanita berusia 54-94 tahun di Mashiki, serta pria (29 tahun) dan wanita (68 tahun) di ibukota Kumamoto. Menurut pemerintah Prefektur Kumamoto, per pukul 05:00 JST, setidaknya 765 korban luka telah menjalani perawatan (53 di antaranya mengalami luka serius). Sementara itu, sebanyak 44,400 orang harus mengungsi ke sekitar 500 lokasi di prefektur.

Gempa di Prefektur Kumamoto ini telah menghancurkan rumah dan sempat mengakibatkan kebakaran di Mashiki. Perdana Menteri Shinzo Abe memastikan bahwa pemerintah akan secara total mendukung korban gempa dengan memberi bantuan makanan, perlengkapan, dan kebutuhan medis.

Menurut National Police Agency, sebanyak 1.084 polisi dari 19 prefektur telah diterjunkan ke lokasi bencana. Menteri Pertahanan Gen Nakatani juga menyatakan bahwa pesawat dan helikopter Self-Defense Forces telah diterbangkan untuk memastikan seberapa luas kerusakan yang terjadi.

Sumber
JapanToday: http://www.japantoday.com/category/national/view/strong-quake-hits-kyushu-region-4-dead-400-injured

hosting indonesia