Jika di Barat kita mengenal stand-up comedy, di Jepang juga ada sebuah pertunjukan sit-down comedy bernama Rakugo. Kebalikan dari stand-up comedy, komedian Rakugo tidak berdiri tetapi selalu duduk di setiap penampilan mereka. Pertunjukan Rakugo telah ada sejak era Edo dan ditujukan untuk menghibur dan membuat penonton tertawa.

rakugo 1
sgp.wakuwakumag.com

Karakteristik utama Rakugo adalah seni komedi ini hanya menggunakan satu pembaca cerita yang berpakaian kimono dan duduk di atas bantal selama pertunjukan. Biasanya, pembaca cerita akan memakai berbagai properti seperti sapu tangan atau kipas untuk membantu mereka menghayati cerita.

rakugo 2
dailyglimpsesofjapan.blogspot.com

Penampil pertunjukan Rakugo harus mampu memainkan berbagai karakter yang berbeda. Umumnya, mereka akan mengubah suara, ekspresi atau sikap untuk membawakan setiap percakapan karakter yang diceritakan.

Meskipun telah berusia ratusan tahun, Rakugo hingga kini masih diminati dan bahkan dipelajari. Di masa lalu, Rakugo biasanya ditampilkan di jalanan, tetapi kini beberapa teater telah dibuka khusus untuk menampilkan pertunjukan Rakugo seperti Suehirotei di Tokyo dan Hanjotei di Osaka

rakugo 3
Teater Suehirotei | odigo.travel

Sumber
WakuWaku Magazine: http://sgp.wakuwakumag.com/rakugo
Humor & Health Journal: http://www.angelfire.com/vamp/shoopshoop/rakugo.html
Rakugo in English: http://eigo-rakugo.com/

hosting indonesia