Sebagai dampak dari revisi undang-undang hak cipta, situs film ilegal terancam diblokir pemerintah Jepang. Tidak hanya menghapus total situs, kebijakan yang masih didiskusikan ini juga dirancang untuk memungkinkan penangkapan terhadap pemilik situs ilegal.

Pemilik situs ilegal memang tidak secara langsung menjual konten seperti film dan anime, tetapi mereka mengandalkan iklan sebagai sumber keuntungan. Kondisi inilah yang belum diatur secara jelas dalam undang-undang Jepang. Masalahnya, keberadaan situs-situs ilegal tersebut telah menimbulkan kerugian yang tidak sedikit bagi industri film dan anime.

Pada 2014, kerugian akibat pembajakan anime, film, musik, dan konten lainnya di luar negeri diperkirakan mencapai hampir 300 milyar yen. Angka tersebut dua kali lipat lebih tinggi dari pendapatan yang diperoleh melalui distribusi konten yang sah. Untuk meredam kerugian yang lebih besar, pemerintah Jepang akhirnya memutuskan untuk membuat langkah hukum yang jelas.

Sumber
Crunchyroll: http://www.crunchyroll.com/anime-news/2016/04/09/japanese-government-considering-copyright-law-revision-to-eliminate-video-sites-with-unauthorized-anime-films
Gambar
Usenet Reviews: https://usenetreviewz.com/what-your-isp-will-do-if-they-think-youre-a-pirate/

hosting indonesia