Pemerintah kota Sakai, Prefektur Osaka, telah menerapkan peraturan baru terkait penjualan majalah dewasa. Peraturan tersebut dibuat melalui kesepakatan dengan jaringan toko FamilyMart di Sakai pada 16 Maret. Menurut peraturan baru, seluruh majalah dewasa yang dijual di FamilyMart kota Sakai harus dibungkus dengan sampul khusus.

Peraturan tersebut ditujukan untuk melindungi generasi muda dari konten-konten yang dianggap berbahaya. Selain majalah dewasa, sampul khusus tersebut juga diharuskan digunakan pada buku, CD, software dan produk lainnya yang menampilkan konten seksual yang jelas.

Menurut pemerintah kota, sejak peraturan tersebut diberlakukan, sebanyak 11 dari 80 toko FamilyMart di Sakai telah menggunakan sampul hijau yang menutup bagian depan majalah. Pemerintah berharap bisa memperluas penerapan aturan ini ke jaringan toko FamilyMart lainnya di seluruh kota.

Menurut pemerintah, selain untuk melindungi kaum muda, peraturan ini juga dibuat sebagai bagian dari upaya untuk melawan kekerasan terhadap wanita dan anak serta meningkatkan kesadaran terhadap kejahatan seksual.

Tetapi, peraturan pemerintah tersebut rupanya tidak disambut baik oleh industri penerbitan. Mereka menilai peraturan untuk menutup sampul majalah sebagai ancaman terhadap kebebasan berkespresi yang dilindungi Konstitusi.

Pada pertengahan Maret, Japan Magazine Publisher Association dan Japan Book Publishers Association merilis surat terbuka berisi protes terhadap pemerintah. Melalui surat tersebut, mereka menyatakan, “Sampul majalah dan buku adalah hasil dari kerja keras dan pemikiran dalam yang melibatkan banyak orang, termasuk editor dan desainer, yang berusaha menyampaikan pandangan editorial mereka sendiri.”

Shigeru Motoike, kepala seksi hubungan masyarakat di Sakai, menjelaskan bahwa langkah pemerintah kota tersebut tidak melanggar hak konstitusi siapapun, dan tidak pula merepresentasikan penyalahgunaan kekuasaan oleh pemerintah. Peraturan tersebut terbentuk berdasarkan kerjasama sukarela di antara operator toko yang bisa saja dibatalkan oleh kebijakan toko.

Lebih lanjut, Motoike mengungkap bahwa peraturan terkait sampul khusus majalah dewasa merupakan bagian kerjasama antara pemerintah dan FamilyMart yang juga menjangkau bidang pariwisata dan keamanan.

Sumber (konten dan foto)
The Japan Times: http://www.japantimes.co.jp/news/2016/04/06/national/osaka-prefecture-city-works-familymart-cover-adult-magazines/#.VwcatdR97Mx

hosting indonesia