Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko melakukan kunjungan ke makam kaisar pertama Jepang, Kaisar Jinmu, di Prefektur Nara pada 3 Maret. Kunjungan tersebut dilakukan sebagai bagian dari peringatan 2,600 tahun kematian Kaisar Jinmu. Mereka datang dengan ditemani oleh Pangeran Akishino dan istrinya, Putri Kiko.

Kaisar Akihito dan Permaisuri Michiko juga berkunjung ke Kashihara Jingu, kuil yang didedikasikan untuk menghormati Kaisar Jinmu. Upacara untuk menghormati Kaisar Jinmu sebenarnya telah secara resmi ditetapkan di bawah “Shiji Saiten Teisoku” (“Regulations of Seasonal Ceremonies”) pada 1871. Ini merupakan pertama kalinya dalam seratus tahun upacara tersebut digelar untuk memperingati kematian kaisar. Di Kashihara Jingu, berbagai ritual dan acara untuk memperingati 2,600 tahun kematian kaisar telah dimulai sejak 2014.

Sementara itu, di Istana di Tokyo, ritual serupa juga digelar dengan dihadiri oleh Putra Mahkota Naruhito dan Putri Mahkota Masako, serta dua anak Akishino, Putri Mako dan Kako.

Sumber: Japan Times

hosting indonesia