Pemerintah Jepang memiliki cara unik untuk menyampaikan perang terhadap narkoba. Website pemerintah Cabinet Office beberapa waktu lalu telah memposting sebuah manga berjudul “Tatta Ichido no Ayamachi” (“A Single Mistake”). Manga 10 halaman tersebut mengilustrasikan sisi horor dari penggunaan narkoba.

manga 1
Screenshot: Cabinet Office, Government of Japan

Manga bercerita seputar seorang mahasiswa yang kecanduan marijuana. Suatu ketika, mahasiswa tersebut mengalami halusinasi di bawah pengaruh narkoba. Dalam kondisi ketakutan dan setengah sadar, dia mengira bahwa ayahnya adalah seorang polisi dan langsung menusuknya. Karakter manga dikisahkan percaya bahwa dia bisa berhenti kapan saja, dan bahwa konsumsi narkobanya tersebut tidak akan menyakiti orang lain. Tetapi, yang terjadi justru sebaliknya. Seluruh keluarganya akhirnya ikut hancur karena perbuatannya.

manga 2
Screenshot: Cabinet Office, Government of Japan

Produksi manga dilakukan di bawah pengawasan Masahiko Funada dari National Institute of Mental Health. Akhir dari cerita manga memaparkan bagaimana kecanduan terhadap narkoba dapat mendorong seseorang melakukan tindakan kriminal.

Pada 2014, pemerintah Jepang juga pernah meminta kreator manga Nobuyuki Fukumoto untuk membuat manga serupa.

Sumber: Anime News Network

hosting indonesia