Pada 24 Maret, pemerintah Jepang telah memutuskan untuk merelokasi Cultural Affairs Agency (Badan Kebudayaan) dari Tokyo ke Kyoto. Apabila terealisasi, ini akan menjadi relokasi berskala besar pertama yang dilakukan dari Tokyo ke area lokal.

Tujuan dari relokasi ini adalah untuk mendorong revitalisasi ekonomi lokal dan mengatasi konsentrasi yang berlebihan di Tokyo.

Pemerintah Kyoto, Keiji Yamada, berkata, “Ini merupakan langkah besar menuju revitalisasi area lokal. [Relokasi ini mengindikasikan bahwa] Kyoto diakui sebagai pusat jaringan kebudayaan Jepang.”

Tetapi relokasi ke Kyoto tidak akan mencakup seluruh fungsi seperti kebijakan Diet dan urusan diplomatik. Detail mengenai program relokasi akan disusun menjelang akhir tahun ini.

Selain itu, pemerintah juga tengah meninjau keputusan untuk memindahkan dua badan lainnya, Consumer Affairs Agency dan Ministry of Internal Affairs and Communication. Pemerintah juga telah memutuskan tidak akan merelokasi empat badan seperti Tourism Agency, Japan Patent Office, Small and Medium Enterprise Agency, dan Japan Meteorical Agency.

Tidak hanya badan negara dan kementerian, pemerintah juga berencana merelokasi sebagian fungsi dari 22 institut penelitian dan fasilitas pelatihan. Salah satunya yang akan direlokasi secara total adalah National Institute of Health and Nutrition.

Sumber:http://www.japantoday.com/category/national/view/cultural-agency-to-move-to-kyoto

hosting indonesia