Artikel ini merupakan sekuel dari artikel sebelumnya. Kali ini akan dibahas tiga grup K-Pop yang telah debut di Jepang.

Girl’s Day

jepang girls day

Girl’s Day merupakan grup K-Pop yang baru saja debut di Jepang tahun lalu dengan album “Girl’s Day 2015 Autumn Party”. Album yang dirilis pada 30 September tersebut berisi versi Jepang dari lagu ‘Darling’, ‘Twinkle Twinkle’, dan ‘Ring My Bell’.

Menurut agensi Girl’s Day, Dream Tea Entertainment, Darling yang dipilih sebagai single promosi berhasil menempati peringkat pertama chart harian Tower Records. Di Jepang, Tower Records merupakan jaringan toko musik ternama dan chart-nya sering dijadikan sebagai referensi untuk menilai kesusksesan komersial sebuah album. Darling juga sukses menembus peringkat 10 besar chart Oricon.

Sebelum merilis album, Girl’s Day telah melakukan total 28 acara promosi dan tiga konser selama dua pekan di Jepang.

SNSD

snsd

Selama aktif di Jepang, SNSD terus membuktikan power mereka sebagai girl group. SNSD merilis versi Jepang lagu ‘Genie’ sebagai single debut pada September 2010. Di tahun yang sama, SNSD kembali merilis single Jepang ‘Gee’. Single ini menuai sukses besar dengan menempati peringkat kedua chart single Oricon.

Setelah sukses dengan single remake dari dua lagu Korea mereka, SNSD akhirnya merilis single Jepang orisinil pertama, ‘Mr. Taxi’, pada April 2011. Mr. Taxi menjadi single pertama SNSD yang meraih penjualan 100,000 kopi dalam satu pekan. Pada Juni 2011, SNSD meluncurkan album studio pertama, “Girls’ Generation”, yang juga meraih sukses fenomenal. Album ini mengantarkan SNSD menjadi girl group asing pertama yang albumnya mampu menembus puncak chart Oricon. Dalam satu bulan, album ini telah terjual sebanyak 500,000 kopi dan meraih penghargaan double platinum.

Pada 2012, SNSD kembali merilis tiga single Jepang (‘Paparazzi’, ‘Oh!’, dan ‘Flower Power’) dan album studio kedua, “Girls & Peace”. Seluruh single dan album tersebut menjadi best-seller dengan penjualan mencapai ratusan ribu kopi. Oh! menjadi single Jepang pertama SNSD yang menempati posisi nomor satu di chart Oricon.

Pada 2014, SNSD merilis album “The Best” yang berisi kumpulan lagu terdahulu dan tiga lagu baru: ‘Indestructible’, ‘Divine’, dan ‘Chain Reaction’. Setelah keluarnya Jessica dari grup, SNSD merilis single Jepang ‘Catch Me If You Can’ dengan delapan member pada Maret 2015.

Super Junior

super junior

Pada 8 Juni 2011, Super Junior merilis versi Jepang dari single hits ‘Bonamana’. Di hari pertama rilis, single ini langsung menembus peringkat kedua chart Oricon. Menyusul sukses Bonamana, Super Junior kembali mengeluarkan versi Jepang dari lagu-lagu mereka lainnya seperti ‘Mr. Simple’ (2011), ‘Opera’ (2012), dan ‘Sexy, Free & Single’ (2012).

Melalui Opera, Super Junior mencatat rekor di Jepang sebagai artis Korea dengan penjualan single tertinggi dalam waktu satu pekan. Sejak satu minggu dirilis, Opera terjual sebanyak 159,789 kopi. Angka ini melampaui penjualan single Mr. Simple (88,873 kopi).

Setelah merilis empat single, Super Junior akhirnya mengeluarkan album Jepang pertama, “Hero”, pada 24 Juli 2013. Album ini langsung menduduki peringkat pertama chart harian Oricon di hari pertama rilis.


Sumber:

wikipedia.org
soompi.com

 

hosting indonesia