Tidak hanya sukses di Korea Selatan, sejumlah grup K-Pop juga telah menembus pasar musik Jepang. Dengan basis fans yang masif, album atau single Jepang mereka terhitung sukses dan menduduki peringkat teratas chart Oricon. Siapa sajakah mereka?

Apink

apink

Girl group Apink debut di Jepang pada 22 November 2014 dengan merilis single Jepang ‘NoNoNo’ dan ‘My My’ (B-side). Sepanjang 2015, Apink kembali merilis versi Jepang dari tiga lagu hits mereka seperti ‘Mr. Chu’, ‘LuV’, dan ‘Sunday Monday’. Single Jepang Mr. Chu (plus ‘Hush’ sebagai B-Side) yang dirilis pada 28 Februari menempati peringkat kedua chart single mingguan Oricon dengan penjualan 54.000 kopi di pekan pertama.

Pada 23 Maret 2016, Apink akan merilis single Jepang orisinil pertama mereka, ‘Brand New Day’. Secara keseluruhan, Brand New Day akan menjadi single Jepang kelima Apink.

BIGBANG

bigbang

Setelah dua tahun debut di Korea, BIGBANG merilis mini album Jepang pertama mereka yang berjudul “For the World” pada 4 Januari 2008. Terlepas dari minimnya promosi, For the World tetap mampu menembus peringkat 10 chart Oricon. Pada 9 Oktober 2008, BIGBANG merilis full album Jepang pertama, “Number 1”.

Belum lama ini, BIGBANG kembali meluncurkan album Jepang kelima, “Made Series”, pada 3 Februari. Album ini terjual sebanyak lebih dari 80 ribu kopi di hari pertama dan langsung menembus peringkat pertama chart harian Oricon. Dalam satu pekan, Made Series terjual sebanyak 128.262 kopi, memecahkan rekor yang mereka buat sendiri dengan album “The Best of BIGBANG 2006-2014”.

EXO

exo

Setelah meraih sukses besar di Korea, EXO merambah pasar musik J-Pop dengan merilis single Jepang pertama “Love Me Right ~romantic universe~” pada 4 November 2015. Single album ini mencakup versi Jepang dari Love Me Right Korea dan single Jepang orisinil berjudul ‘Drop That’. Di hari pertama rilis, penjualan single Jepang EXO sudah berhasil menembus 147.000 kopi dan langsung menempati peringkat pertama chart Oricon. EXO mencatat sejarah sebagai artis Korea dengan penjualan single debut terbaik di Jepang.

GOT7

got7

GOT7 debut di Jepang pada 22 Oktober 2014 dengan single “Around the World”. Single ini menempati peringkat ketiga chart single mingguan Oricon dengan penjualan 36.000 kopi. Pada 2015, GOT7 kembali merilis dua single Jepang, “Love Train” dan “Laugh Laugh Laugh”. Single Laugh Laugh Laugh yang dirilis pada 23 September 2015 terjual sebanyak 14.000 kopi di hari pertama dan langsung menduduki peringkat satu chart harian Oricon.

Seluruh single Jepang yang dirilis oleh GOT7 merupakan single orisinil, atau tidak ditranslasikan dari versi Korea lagu mereka. Setelah sukses dengan tiga single, GOT7 akhirnya meluncurkan full album Jepang pertama mereka, “Morigatteyo”, pada 3 Februari 2016.

iKON

ikon

Hanya sesaat setelah debut di Korea, iKON sudah mulai aktif melakukan promosi melalui rangkaian tur fan meeting di Jepang. Selang satu bulan pasca full album debut “Welcome Back” Korea dirilis, iKON kembali meluncurkan versi Jepang dari album tersebut pada 13 Januari 2016.

Album Welcome Back iKON menduduki peringkat teratas chart harian Oricon dengan penjualan 53.207 kopi di hari pertama. Dalam satu pekan pertama, Welcome Back meraih penjualan 61.508 kopi dan menempati peringkat ketiga chart mingguan Oricon. [Selanjutnya: Part 2]

Sumber: Wikipedia

hosting indonesia