uploadingIllegal uploading atau pengunggahan file secara ilegal ke internet merupakan masalah yang mendapat tanggapan serius di Jepang. Sejak 2009, kepolisian Jepang telah melakukan investigasi intensif terhadap illegal uploading berbagai bentuk file seperti anime, manga, film, dan musik.

Pada 19 Februari, Divisi Anti-Cybercrime Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo mengumumkan, dalam tiga hari, mereka telah menahan total 44 orang atas tuduhan pelanggaran hak cipta (copyright infringement) selama 16-18 Februari.

Sebelumnya, mereka telah menangkap 33 orang pada 2014 dan 40 orang pada 2015 dengan kasus yang sama.

Menurut laporan yang dirilis, polisi di 29 prefektur telah bergabung dalam upaya untuk mengungkap penggunaan file sharing software (software untuk berbagi file) secara ilegal. Mereka melakukan investigasi hingga ke 93 tempat di seluruh Jepang.

Pelaku yang berhasil ditangkap berasal dari berbagai wilayah seperti Shiname, Akita, Kanagawa, Fukuoka, Chiba, Kyoto dan masih banyak lagi. Sebagian besar dari mereka ditangkap karena telah membagikan CD anime, manga, musik, dan video.

Tidak peduli pada apapun alasannya, baik demi profit maupun non-profit, memposting materi (anime, film, program televisi, musik, halaman dari majalah sebelum dan sesudah dirilis) ke internet tanpa izin hak cipta (copyright permission) merupakan tindakan ilegal di Jepang. Tidak main-main, pelaku kejahatan ini bisa dikenai hukuman pidana hingga 10 tahun penjara atau denda hingga 10 juta yen (sekitar 1 milyar rupiah).

Sumber: crunchyroll

hosting indonesia