Bagi mayoritas fans, mengoleksi merchandise seperti foto idola mungkin menjadi seperti sebuah keharusan. Tetapi, ketika koleksi sudah semakin bertumpuk, beberapa fans mungkin akan mempertanyakan apa sebenarnya kegunaan koleksi tersebut.

Hal ini terjadi pada salah satu wota AKB48 di Jepang. Saking banyaknya koleksi foto AKB48 yang dimilikinya, fans tersebut malah kebingungan sendiri. Tidak tanggung-tanggung. Sudah ada sekitar 5.000 foto AKB48 yang dikumpulkannya.

Melalui situs 2channel, penggemar tersebut akhirnya mengungkap keluhannya. Dia memposting sebuah pesan bertuliskan, “Aku memiliki lebih dari 5.000 ‘nama-jyashin’ (foto), dan sekarang aku menyadari bagaimana sia-sianya uang yang telah aku habiskan. Apa yang harus aku lakukan?”

Postingan tersebut kemudian menuai banyak komentar dari netizen lainnya. Beberapa di antaranya berusaha memberi solusi. Berikut adalah beberapa komentar yang terkumpul:

“Jual semua itu ke pelelangan.”

“Kau mungkin tidak akan pernah bisa ‘sembuh’. Kau bisa saja menghabiskan sepanjang hidupmu dengan menghabiskan uang.”

“Apa yang menarik dari mengoleksi foto? Apabila kau mencari di internet, kau bisa menemukan persediaan (foto) yang tidak ada akhirnya.”

“Jika kau tahu bagaimana cara menjualnya, kau bisa menghasilkan banyak uang.”

“Aku terkejut mendengar bahwa kau menyadari semua itu sia-sia setelah mengoleksi 5.000 foto. Biasanya, apabila seseorang sudah sejauh itu, aku selalu berpikir bahwa mereka tidak benar-benar mengerti arti ‘sia-sia’.”

“Ketika kau masih menjadi kolektor, kau merasa senang saat mengoleksi (foto-foto itu), bukan? Kau bisa menganggap masa ketika kau menghabiskan uang untuk semua itu sebagai masa yang indah. Segala yang perlu kau lakukan sekarang adalah berhenti.”

Tidak ada salahnya mengoleksi merchandise idola. Apabila dilakukan secara bijak, barang yang kita koleksi mungkin akan memiliki nilai lebih dan kenangan tersendiri di masa depan. Yang paling penting, jangan sampai kecanduan!

Sumber: akbzine

hosting indonesia