Mahasiswa muslim di Jepang kini semakin bisa merasakan kenyamanan dalam mengkonsumsi makanan. Sejumlah universitas, salah satunya Universitas Yamanashi, saat ini telah menyediakan menu makanan halal di kantin.

Dengan semakin bertambahnya jumlah mahasiswa muslim, Universitas Yamanashi akhirnya membuat kebijakan untuk menyediakan menu makanan halal di kantin sejak 2013. Yamanashi merupakan salah satu dari 19 universitas di Jepang yang telah menerapkan kebijakan ini.

yamanashi 02

Menu halal di kantin Universitas Yamanashi telah mendapat sertifikasi dari pemerintah Malaysia. Seluruh bahan yang digunakan didasarkan pada standard halal di Malaysia. Oleh karena itu, pengelola kantin akan menghindari penggunaan alkohol atau emulsi babi pada makanan untuk mahasiswa muslim. Sesuai dengan syariah, peralatan memasak yang digunakan untuk mengolah makanan halal juga dipisahkan dari peralatan yang digunakan untuk memasak babi.

yamanashi 01

yamanashi 04

Ada total 15 menu yang ada di kantin Universitas Yamanashi, namun hanya dua menu saja yang disediakan secara bergantian setiap harinya. Menu halal hanya dibuka saat jam makan siang dan jumlahnya pun masih terbatas. Meskipun demikian, kebijakan tersebut tetap meringankan mahasiswa muslim yang memang cukup kesulitan mencari makanan halal di Prefektur Yamanashi.

Tersedianya menu halal di Universitas Yamanashi pada awalnya didorong oleh inisiatif mahasiswa asal Malaysia sejak 2009. Tetapi, permintaan mereka baru direalisasikan oleh pihak kampus empat tahun kemudian.

Tidak hanya menikmati makanan, mahasiswa muslim disana juga membagi pengetahuan kepada para staf kantin mengenai bahan makanan yang halal dan bagaimana cara mengolahnya sesuai aturan Islam.

Sumber: YouTube – Documentary NET

hosting indonesia