Apabila banyak orang malas beraktivitas di pagi hari, tampaknya hal tersebut tidak berlaku di Jepang. Survey menunjukkan bahwa jumlah orang Jepang yang memulai jam kerja lebih awal justru mengalami peningkatan.

Berdasarkan hasil survey dari tim penelitian stasiun televisi NHK, persentase orang yang mulai bekerja sebelum jam delapan pagi meningkat hingga 20% pada 2015, naik dari 13% pada 2000.

Menurut pihak NHK Broadcasting Culture Research Institute, masyarakat Jepang tampaknya menjadi semakin aktif di pagi hari. Pekerja di usia 40 tahun-an tidur lebih awal dan berbagai kelompok usia, termasuk generasi muda, bangun lebih pagi.

Selain peningkatan orang yang mulai bekerja lebih awal di pagi hari, survey juga menemukan adanya penurunan orang yang bekerja antara pukul 1 siang hingga 5 sore, dan antara pukul 5 sore hingga 9:30 malam.

Tidak hanya itu, orang yang menghabiskan waktu untuk makan selepas kerja bersama bos dan kolega juga mengalami penurunan menjadi 6% pada 2015 dari 7% pada 2010 dan 10% pada 1995.

Survey juga menunjukkan rata-rata orang menghabiskan waktu hingga 7 jam 28 menit untuk bekerja pada 2015. Tetapi, tidak banyak berubah dari data pada 2010, sebanyak 23% orang secara rutin bekerja lebih dari 10 jam sehari.

Survey semacam ini telah dilakukan secara reguler oleh NHK Broadcasting Culture Research Institute sejak 1960.

Sumber: JapanToday

hosting indonesia