Program survival Korea Selatan Produce 101 tampaknya akan hadir dengan format berbeda tahun depan. Berbeda dari dua musim sebelumnya, program Mnet ini kali ini akan bekerja sama dengan AKB48.

Sebuah project bernama Produce 48 pun telah diumumkan di tengah ajang penghargaan Mnet Asian Music Awards (MAMA) 2017 di Yokohama Arena pada 29 November. Di penghujung teaser yang ditayangkan, tercantum keterangan “coming soon 2018”.

Jadi, apa itu Produce 48?

Menurut yang dijelaskan Mnet, Produce 48 adalah sebuah project yang mengusung sistem produce 101 dimana penonton bisa memberi vote pada kontestan yang akan debut. Sistem tersebut akan dikombinasikan dengan konsep “idola yang bisa kau temui” AKB48 dimana mereka memiliki teater untuk fans.

Produce 48 bertujuan untuk menciptakan girl group global. Mnet bekerja sama dengan Yasushi Akimoto selaku produser AKB48 untuk mewujudkan project besar ini. Mereka berkolaborasi untuk menyiapkan sebuah acara yang akan menyuguhkan pengalaman baru bagi penonton Korea dan Jepang serta penggemar musik.

Sebagai informasi, Produce 101 adalah program yang melahirkan grup I.O.I dan Wanna One. Setelah berakhirnya acara, 11 finalis terpilih akan aktif sebagai grup selama kurang lebih satu tahun. Grup akan dibubarkan dan member kembali ke agensi masing-masing setelah kontrak mereka selesai.

Sejak musim pertama, Produce 101 kerap diklaim sebagai program survival terbesar di Korea dengan melibatkan 101 kontestan dari berbagai agensi. Namun Produce 48 yang dijadwalkan tayang di pertengahan 2018 disebut bakal memiliki skala yang jauh berbeda dari sebelumnya.

AKB48 sendiri turut memeriahkan MAMA 2017. Mereka berkolaborasi dengan mantan member I.O.I serta grup K-Pop Weki Meki, PRISTIN dan fromis_9. Selain itu, Yasushi Akimoto juga menerima penghargaan di acara yang berlangsung sejak pukul 19:00 JST tersebut.

hosting indonesia