Jepang adalah satu dari tiga negara yang bakal menjadi lokasi berlangsungnya Mnet Asian Music Awards (MAMA 2017). Setelah di Vietnam, ajang penghargaan produksi perusahaan Korea CJ E&M itu akan bertempat di Yokohama Arena di Prefektur Kanagawa pada 29 November.

MAMA di Jepang akan dimeriahkan oleh sederet artis K-Pop seperti EXO-CBX, Wanna One, TWICE dan I.O.I . Selain itu, AKB48 juga dikonfirmasi turut mengisi line up acara. AKB48 bahkan rencananya akan berkolaborasi dengan I.O.I.

Kabar mengenai kolaborasi AKB48 dan I.O.I disampaikan oleh sutradara Mnet Kim Ki Woong dalam konferensi pers pada 20 November. “Di Jepang, panggung untuk kolaborasi spesial AKB48 dan I.O.I sedang disiapkan,” kata Kim Ki Woong, dikutip dari Soompi.

I.O.I merupakan grup yang dibentuk lewat program survival Produce 101 berdasarkan voting fans. Seperti diketahui, sistem voting sudah lebih dulu digunakan oleh AKB48 untuk memilih member lewat ajang Senbatsu Sousenkyo. Persamaan tersebut yang membuat Produce 101 kerap dibanding-bandingkan dengan AKB48.

Kim Ki Wong menjelaskan, “AKB48 telah aktif selama lebih dari 10 tahun di Jepang sebagai idol group nasional. Member mereka dipilih melalui vote seperti Produce 101. Ini kenapa kami menyiapkan kolaborasi mereka.”

I.O.I terdiri dari 11 member. Setelah kontrak mereka berakhir, setiap member kini melanjutkan aktivitas masing-masing. Belum diketahui apakah seluruh member I.O.I akan ikut berkolaborasi dengan AKB48.

MAMA 2017 di Jepang akan dipandu oleh aktor Park Bo Gum sebagai host. Setelah di Jepang, event akan ditutup di Hong Kong pada 1 Desember.

hosting indonesia