JKT48 saat ini memiliki 65 member dari lima generasi. Mereka terbagi ke dalam tiga tim dan trainee. Selain itu, ada pula beberapa member yang tergabung ke dalam sub-unit tertentu.

Saat ini JKT48 sudah memiliki lima sub-unit resmi: 4 Gulali, JKT48 Band, JKT48 Dance Project, JKT48 Dangdut, dan JKT48 Akustik. Setiap sub-unit memiliki karakter dan bakat berbeda yang ditonjolkan.

Berikut lima sub-unit yang kini dimiliki oleh JKT48:

4 Gulali

sub-unit jkt48
Image: Stage48

Seperti namanya, sub-unit ini memiliki karakter yang manis layaknya gulali. 4 Gulali mulanya merupakan proyek yang digarap oleh mantan member Haruka Nakagawa pada 2014

JKT48 umumnya menampilkan beragam konsep mulai dari powerful sampai kawaii. Sedangkan 4 Gulali fokus mengusung imej yang lucu dan ceria. Melengkapi imej itu, 4 Gulali biasa tampil dengan dress imut warna pastel.

Setelah mengalami bongkar-pasang akibat graduate-nya member, 4 Gulali kini digawangi oleh Ayana Shahab, Sinka Juliani, Feni Fitriyanti, dan Syahfira Angela Nurhaliza.

JKT48 Band

Image: Twitter/Yuriva_JKT48

Lain lagi dengan JKT48 Band. Sub-unit yang diprakarsai oleh mantan member Jessica Vania (Jeje) ini menonjolkan kepiawaian member memainkan instrumen musik.

Hebatnya, sebagian besar member JKT48 Band mulanya sama sekali tidak memiliki skill nge-band. Graduate-nya personil juga membuat JKT48 Band banyak mengalami pergantian member.

Dimulai dari lulusnya Rezky Wiranti Dhike, posisi gitaris akhirnya diserahkan kepada Desy. Sang vokalis Devi Kinal Putri lantas menempati posisi bassis setelah Jessica Veranda lulus.

Pada Juni lalu, JKT48 mengadakan audisi pencarian member JKT48 Band. Dari audisi itu, terpilihlah Zahra Yuriva sebagai vokalis dan Alicia Chanzia sebagai drummer baru JKT48 Band penerus Jeje.

Sementara itu, personil lainnya masih menempati posisi asli mereka. Shania Junianatha sebagai gitaris dan vokalis sedangkan Gabriela Margareth Warouw sebagai keyboardis.

JKT48 Dangdut

Image: Twitter/RChikanoJKT48

Setelah eksis dengan konsep musik Jepang, JKT48 membuat terobosan dengan mendebutkan sub-unit JKT48 Dangdut. Sub-unit yang terdiri dari empat member ini menyanyikan lagu-lagu JKT48 dalam versi dangdut.

Shinta Naomi dan member asal Jepang Rina Chikano merupakan member asli yang masih ada di JKT48 Dangdut. Dua mantan personil yang sudah lulus – Sendy Ariani dan Dhike – kini digantikan oleh Ayen dan Dena Siti Rohyati.

Ayen dan Dena terpilih melalui audisi yang digelar bersamaan dengan audisi JKT48 Band. Terlebih bagi Ayen, keberadaannya di JKT48 Dangdut memberi warna tersendiri lantaran ia sebelumnya lebih dikenal sebagai “lady rocker”-nya JKT48.

JKT48 Dance Project

Image: YouTube/JKT48

Soal kemampuan dance, JKT48 memang tidak perlu diragukan lagi. Tapi dari sekian banyak member, ada para dancer terbaik yang tergabung dalam JKT48 Dance Project.

Baru dibentuk tahun lalu, JKT48 Dance Project terdiri atas delapan dancer dari Team KIII. Mereka adalah Beby Chaesara, Sonia Natalia, Alicia Chanzia, Natalia, Amanda Dwi Arista, Aninditha Rahma Cahyadi, Ni Made Ayu Vania Aurellia, dan Rina Chikano.

Di setiap performance, JKT48 Dance Project biasa berkolaborasi dengan seorang DJ. Setelah resign-nya Nadhifa Salsabila, Thalia Ivanka sempat mengisi posisinya sebagai DJ saat JKT48 Dance Project tampil di handshake Luar Biasa Maret lalu.

JKT48 Akustik

Image: Twitter/S_SiscaJKT48

Yang satu ini adalah sub-unit termuda di JKT48. JKT48 Akustik baru diumumkan sebagai sub-unit resmi JKT48 dalam handshake event Indahnya Senyum Manismu pada 3 September lalu.

JKT48 Akustik terdiri dari Fransisca Saraswati, Rona Anggreani, Nadila Cindi Wantari, dan Ni Made Ayu Vania Aurellia. Mereka biasa membuat cover lagu dengan diiringi petikan gitar Nadila dan Aurel.

Tidak sedikit fans yang memang menginginkan agar keempat member bersuara merdu ini debut sebagai sub-unit resmi. Bahkan sebelum diresmikan, JKT48 Akustik sudah kerap memberi live performance di berbagai event.

hosting indonesia