Bukan hal mudah meraih penjualan ratusan ribu kopi album di tengah tren musik digital seperti saat ini. Namun JKT48, idol group yang menggebrak Indonesia dengan konsep musik Jepang mereka terbukti mampu menghadapi tantangan itu.

Pada 22 Februari lalu, JKT48 merilis album bertajuk JKT48 Festival Greatest Hits. Album yang sebagian tracklist-nya berisi kompilasi single JKT48 terdahulu itu merupakan album ketiga yang diluncurkan JKT48.

Restoran cepat saji KFC digaet oleh JKT48 untuk mendistribusikan album mereka. Turut dibantu oleh kerja sama dengan KFC itu, penjualan album JKT48 Festival Greatest Hits terdongkrak hingga menembus 150.000 kopi dalam enam bulan.

Pencapaian itu sempat disampaikan dalam acara perilisan single ke-17 JKT48, Indahnya Senyum Manismu, di teater pada 11 Agustus lalu. Sebagai hadiah atas pencapaian itu, JKT48 pun berhak menerima penghargaan Double Platinum.

Pada 3 September, JKT48 menggelar handshake festival Indahnya Senyum Manismu di Granada Ballroom, Menara 165, Jakarta Selatan. Sekalian pula dalam event tersebut, HITS Records selaku label rekaman JKT48 menyerahkan penghargaan Double Platinum kepada JKT48.

Dalam foto yang diunggah oleh Twitter @officialJKT48, tampak Melody Nurramdhani Laksani dan Shania Junianantha mewakili JKT48 menerima Double Platinum.

Image: Twitter/officialJKT48

Foto yang sama juga diunggah oleh akun Twitter HITS Record. “Kalian berhak mendapatkannya. Penghargaan Double Platinum adalah pencapaian yang luar biasa. Sampai jumpa lagi di penghargaan Multi Platinum,” tulis @HITSRec sebgai caption.

Larisnya album JKT48 Festival Greatest Hits juga tidak bisa dilepaskan dari keaktifan JKT48 berpromosi. Setelah album tersebut dirilis, JKT48 rajin mengunjungi gerai-gerai KFC di berbagai kota dan secara langsung menjual CD bertandatangan mereka.

Selamat, JKT48!

hosting indonesia