Menjadi salah satu member populer di JKT48 membuat Devi Kinal Putri didera banyak kesibukan. Kendati demikian, member Team J ini tak begitu saja meninggalkan studinya demi melulu mengejar karir.

Konsekuensinya, Kinal tidak bisa menyelesaikan studi dalam kurun waktu yang normalnya ditempuh mahasiswa lain. Bagaimana penjelasan Kinal terkait “molor”-nya kuliahnya?

“Karena dalam hidup kita harus memproritaskan sesuatu kan? Seperti saya yang mendedikasikan waktu saya demi hobi menyenangkan,” tulis Kinal dalam tweet-nya pada 22 Agustus lalu.

Lantaran kesibukan sebagai idol, Kinal harus jeli mengatur jadwal kuliahnya. “Jadi ga ambil sks kaya orangorang lainnya. Orang lain ambil sks 24 atau lebih. Aku 20 saja dr dulu. Hahaha drpd keteteran,” imbuhnya.

“Karena kegiatanku 2 tahun lalu itu padat sekali jadi gamungkin ambil 24 sks sama sekali. Bisa boboh di kelas lamalama wkwk.”

Membiayai sendiri kuliahnya memotivasi Kinal untuk serius menjalani studinya. “Karena bayar sendiri jadi gamau rugi. Kalau ga niat kuliah ngapain deh mending uangnya dipake apa kan. Makanya karna bayar jd niat bgtt,” kata member generasi pertama ini.

Kinal juga mengaku tidak terlalu ambil pusing soal kapan ia harus lulus. Baginya, yang lebih penting adalah fokus pada diri sendiri dan tidak terpaku pada stigma umum di masyarakat.

“Jadi mending ubah mindset semua orang sama rata. Contoh harus kuliah 4 tahun, harus pake kendaraan pribadi ke sekolah atau dll,” tweet Kinal.

“Karna semua orang punya plannya masing2. Dibanding mikirin orang lain mending bikin plan buat diri sendiri.”

“Ga baik ngejudge orang karna harus sesuai dengan aturan yang biasa di masyarakat. Hahahahha.”

hosting indonesia