Mayu Watanabe kembali menempati peringkat dua di Senbatsu Sousenkyo tahun ini. Sebanyak 149.132 suara fans mengantarkannya ke posisi itu. Tapi sayangnya, member Team B itu menyelipkan pengumuman kelulusan dalam speech Sousenkyo-nya.

Bergabung pada 2006, Mayu Watanabe telah lebih dari 10 tahun meniti karir sebagai member AKB48. Rencana untuk lulus sudah mulai terpikirkan olehnya sekitar tiga hingga empat tahun lalu. Ia rencananya akan graduate sekitar akhir tahun ini.

Berikut speech Mayu Watanabe sebagaimana dilansir dari tokyohive:

“Tahun ini, aku berdiri sebagai kandidat di pemilihan terakhirku. Aku telah berpartisipasi sejak pemilihan pertama. Berkat dukungan fans, aku selalu bisa bertahan menjadi Top 7. Terima kasihku tidaklah cukup.”

“Karena ini merupakan pemilihan terakhirku, ini menjadi tantangan bagiku untuk meraih posisi pertama sekali lagi. Tapi sayangnya, aku berada di peringkat dua. Meskipun begitu, hingga hari ini, penggemarku telah sangat mendukungku melalui handshake event dan Twitter.”

“Mereka juga memberiku banyak pesan dukungan. Aku menghabiskan hari-hari itu dengan sangat bahagia. Aku tidak bisa mengatakan bahwa tidak ada penyesalan, tetapi aku benar-benar bahagia meraih peringkat kedua.”

“Hari ini, aku memiliki sebuah pengumuman yang ingin kusampaikan kepada orang-orang yang menyaksikan lewat televisi atau online dan semua yang ada disini sekarang. Aku, Mayu Watanabe, akan graduate dari AKB48.”

“Aku mencintai AKB48. Aku mengikuti audisi saat berusia 12 tahun. Kemudian aku bergabung dengan grup. April lalu adalah peringatan 10 tahun sejak aku debut dan sekarang aku sudah berusia 23 tahun.”

“Sebagai member AKB48, aku telah mendapat banyak pengalaman dan pelajaran. Aku memutuskan untuk mengambil langkah di luar untuk memulai pengalaman baru. Ada banyak junior yang bisa diandalkan sekarang dan aku ingin menyerahkan masa depan AKB48 kepada mereka.”

“Karena aku akan graduate akhir tahun ini, aku mungkin tidak memiliki banyak waktu tersisa. Tapi aku ingin menjalankan misiku sebagai member AKB48. Sekali lagi, terima kasih atas dukungan kalian sehingga aku bisa berada di peringkat kedua.”

Sementara itu, Sousenkyo tahun ini menentukan member untuk single ke-49 AKB48. Event ini seharusnya digelar secara outdoor di Toyosaki Seaside Park, Toyosaki Villa SUN Beach di Prefektur Okinawa.

Tapi karena kendala cuaca, AKB48 memutuskan membatalkan event. Kendati demikian, pengumuman voting tetap dilakukan di venue lain tanpa dihadiri fans dan disiarkan lewat saluran televisi Fuji TV.

*Artikel ini telah diedit dengan menambahkan speech Mayu Watanabe.

hosting indonesia