Indonesia memperingati Hari Lahir Pancasila pada 1 Juni lalu. Untuk itu, Kemendikbud menggelar Pameran Arsip Lahirnya Pancasila di Museum Nasional Jakarta.

Apa saja yang ditampilkan dalam pameran ini? Shani Indira Natio JKT48 mengajak penonton Entertainment News NET menjelajahi Museum Nasional.

Shani memperlihatkan beragam koleksi bersejarah yang dipamerkan, seperti peta sidang BPUPKI dan rancangan akhir pembukaan Undang-undang Dasar 1945. Ia juga sempat menemui Agus santoso selaku direktur layanan dan pemanfaatan.

Dijelaskan Agus, pameran yang mulai dibuka pada 2 Juni ini mencakup koleksi terkait sidang BPUPKI, pidato tokoh-tokoh besar hingga pembentukan dasar negara. Shani juga ditunjukkan kitab karangan Mpu Sutasoma yang menjadi cikal bakal lahirnya semboyan “Bhinneka Tunggal Ika”.

Selain menambah pengetahuan, pameran ini juga disebut Shani bisa makin menumbuhkan kecintaan pada negara. “Aku pribadi udah dapet banyak informasi tentang pancasila. Rasa nasionalisme aku juga jadi lebih tinggi dan aku semakin cinta dengan Indonesia,” kata center single ke-17 JKT48 ini.

Penjelajahan Shani di Pameran Lahirnya Pancasila bisa disimak dalam video berikut ini:

hosting indonesia