Kemenangan sementara Yuka Ogino NGT48 di hasil voting hari pertama Senbatsu Sousenkyo 2017 tak disambut baik oleh semua fans. Beberapa bahkan menganggap bahwa perhitungan suara tersebut tidak akurat.

Yuka Ogino menempati peringkat 95 di Sousenkyo tahun lalu. Dengan perolehan 55.061 suara, wakil kapten Team NIII tersebut melejit ke peringkat 1 di hari pertama voting dibuka.

Total suara hari pertama Yuka Ogino bahkan memecahkan rekor Mayu Watanabe di tahun sebelumnya. Pada 2016, member yang akrab disapa Mayuyu itu unggul di hasil voting hari pertama dengan 42.034 suara.

Fans mempertanyakan bagaimana Yuka Ogino, member NGT48 yang relatif tidak terlalu dikenal, bisa mengalami kenaikan peringkat yang drastis. Mereka menuding telah terjadi kesalahan di website mobile NGT48 yang memungkinan voter untuk menduplikasi suara.

GONDOLA Co., Ltd. selaku perusahaan yang menangani sistem voting membantah tuduhan adanya kecurangan. Mereka mengatakan, isu kecurangan ini muncul karena kesalahpahaman.

“Kami telah melakukan segala usaha untuk menjamin sistem bekerja dengan semestinya tapi beberapa fans khawatir terhadap kecurangan vote,” jelas pengacara GONDOLA. “Kami sudah memeriksa data lagi dan tidak ada bukti terjadinya kecurangan.”

“Mereka yang mengatakan adanya kecurangan vote sebenarnya sudah salah paham. Setelah Anda memberi suara dan menekan tombol ‘kembali’, Anda bisa menekan tombol voting lagi dan inilah yang dikira bahwa akan ada dua vote yang dihitung. Padahal, hanya vote pertama saja yang akan dihitung.”

Lebih lanjut, GONDOLA memastikan bahwa mereka akan selalu mengawasi sistem voting secara ketat.

Sumber: Arama! Japan

hosting indonesia