JKT48 selama ini dikenal dengan klaim sebagai “idol group nomor satu di Indonesia”. Seiring berjalannya waktu, grup yang sukses eksis selama lima tahun ini pun mulai menghadapi grup-grup baru yang siap bersaing dengan mereka.

Seperti belum lama ini, lahir idol group Shojo Complex. Grup yang turut digawangi oleh mantan member JKT48, Diasta Priswarini, tersebut dibentuk oleh Yoshimoto Kreatif Indonesia dan mulai debut pada Juni 2016.

Sama seperti JKT48, Shojo Complex juga mengusung konsep musik Jepang dan regenerasi member. Mereka saat ini sudah memiliki beberapa lagu dan melahirkan dua generasi.

Setelah Shojo Complex, muncul lagi satu idol group bernama Enka Girls yang akan meramaikan industri musik Indonesia. Mengusung genre enka dan pop, Enka Girls adalah idol group asli Jepang yang sudah lebih dulu tenar di Negeri Sakura.

Enka Girls pernah tampil di berbagai event di Indonesia seperti Jogja Idol Festival 2016 dan Ennichisai 2017. Grup beranggotakan tujuh orang ini rupanya juga tengah berencana merambah Tanah Air. Musisi muda Kevin Aprilio lah yang akan bekerja memproduseri Enka Girls.

“Mereka emang lagi mau ngembangin sayap disini. Untuk pengembangan di Indonesia, saya dan tim yang akan mempromosikan,” kata Kevin kepada Entertainment News NET.

“Lagu-lagu mereka yang akan di-launching di Indonesia akan ada bahasa Indonesia-nya juga. Jadi bener-bener pengen kolaborasi culture,” imbuh pendiri band Vierratale ini.

Kevin mengatakan, mengembangkan idol group membutuhkan seni yang berbeda dari girlband. Ia pun ingin membangun imej Enka Girls sebagai grup yang bersahabat.

“Imej Enka Girls ini dari awal yang pengen kita bangun adalah imej yang friendly. Konsepnya adalah membangun idol group yang super friendly supaya budaya Timur kita tetap dijaga juga,” jelas Kevin.

Enka Girls hadir untuk mengangkat lagi musik enka yang belakangan hanya diminati lansia di Jepang. Tak lama setelah debut, musik “jadul” mereka rupanya mendapat sambutan baik dari anak muda.

hosting indonesia