Lomba lari tahunan Jakarta Kizuna Ekiden sukses digelar di kawasan Plaza Senayan, Jakarta, pada 14 Mei. Dihelat kali keempat, ajang lari tersebut merupakan hasil kerjasama Harian Kompas dan surat kabar Jepang, Mainichi Shimbun.

Tahun ini, Jakarta Kizuna Ekiden diikuti oleh 1.600 peserta yang terbagi ke dalam 400 tim. Setiap tim terdiri dari empat orang yang memiliki minimal satu orang Indonesia atau Jepang. Dari sekian banyak peserta, ada Haruka Nakagawa yang turut berpartisipasi.

Haruka kembali menjadi peserta Jakarta Kizuna Ekiden untuk keempat kalinya. Mantan member JKT48 asal Jepang itu sudah rutin menjadi peserta sejak lomba lari ini digelar pada 2014.

Rute lari yang harus ditempuh Haruka adalah sejauh 2,8 km dari total 11,2 km yang ditentukan. Ia satu tim dengan duo pelawak Jepang, COWCOW.

Tidak ada persiapan khusus yang dilakukan Haruka. Jika rute 800 km Jakarta-Surabaya bisa ditaklukannya dengan bersepeda, lari sejauh 2 km rupanya bukan masalah bagi Haruka.

“Kalau lari dua kilometer sih masih bisa. Jujur aku enggak ada persiapan untuk lomba ini, tetapi aku rutin ikut yoga atau kickboxing. Jadi, masih kuatlah,” kata mantan member yang graduate pada Desember 2016 ini.

Haruka tak lupa mengunggah foto-foto saat ia bersiap lari di garis “start”. “Makasih ya sudah datang #JakartaKizunaEkiden2017. Tahun ini makin banyak ikut acara ini jadi seru banget,” kata Haruka sebagai caption.

Image: Twitter/Haruka_NKGW10
Image: Twitter/Haruka_NKGW10

Lari ekiden serupa dengan lari estafet yang membutuhkan kerjasama tim. Bedanya, pada ekiden, tongkat estafet diganti dengan tasukhi atau kain selempang.

Jakarta Kizuna Ekiden dimulai pukul 06:30 WIB. Menariknya lagi, peserta tahun ini diperbolehkan ber-cosplay dengan tema budaya Jepang. Peserta dengan cosplay terbaik mendapat hadiah dari panitia.

Sumber: Kompas.com, JUARA.net

hosting indonesia