Bergabung sebagai generasi kedua, Fakhriyani Shafariyanti sudah hampir lima tahun merintis karir di JKT48. Butuh waktu panjang bagi Shafa hingga ia bisa berdiri dan memberi speech di atas panggung Senbatsu Sousenkyo.

Pada 22 April, nama Shafa akhirnya disebut untuk pertama kalinya dalam ajang pemilihan member single ke-17. Ia mungkin belum berkesempatan masuk ke jajaran Senbatsu.

Tapi, peringkat 28 Undergirls yang diraihnya menjadi demikian berarti karena memang tak sebentar baginya untuk bisa sampai kesana. Sujud syukur pun dilakukan Shafa setelah menyelesaikan speech yang penuh air mata.

shafajkt-3

Masuk ke jajaran Top 32 bukanlah hal mudah. Ini yang diakui oleh banyak member JKT48. Shafa pun juga merasakan jatuh-bangun untuk meraih posisinya sekarang ini. Ada kalanya member yang hobi fotografi ini merasa “tak terlihat”, “dijatuhkan”, dan bahkan “terbuang”.

“28, setelah sekian lama ku tak terlihat. Apa yang kalian pikirkan jika berada di posisi aku sebelum dapat peringkat 28? Pasti banyak yang berpikir ‘kenapa gak keluar aja’, ‘buat apa di JKT48 kalau gak dianggap’ dan hal-hal negatif lainnya. Aku pasti juga pernah merasa hal yang sama,” kata Shafa dalam tulisannya di blog Team KIII.

“Tapi aku merasa buat apa masuk JKT48 kalau gak punya tujuan, mimpi, keinginan. Berkali-kali jatuh akan membuat diri lebih dewasa (kalau gak salah ada lirik JKT48 yang seperti ini deh) ya, mungkin dari berkali-kali aku dijatuhkan dan dibuang akan membuat aku jauh lebih kuat dari yang lain,” imbuh Shafa.

shafajkt
Image: Twitter/Shafa_JKT48

Kegigihan Shafa meraih mimpi memang patut diacungi jempol. Ditambah dengan dukungan fans, impiannya untuk tidak “Kelamaan*” meraih peringkat di Sousenkyo pun akhirnya terwujud.

“Dalam hal ini bukan cuma sekedar sabar dan waktu tapi gimana caranya mau bisa menuju ke mimpi yang dimiliki. Beruntungnya aku masih punya kesabaran dan semangat. Berkat 2 hal itu aku mendapatkan dukungan dari kalian dan orang-orang di sekitarku. Dukungan itu meliputi moral dan materi,” kata Shafa.

shafajkt-4
Image: Twitter/Ikha_JKT48

Sumber: Team KIII Official Blog

*Kelamaan adalah tagline yang digunakan Shafa untuk kampanye pemilihan tahun ini.

hosting indonesia