fukuoka1Pergi ke luar negeri tidak lengkap rasanya kalau tidak mencicipi makanan khasnya. Saat berada di Fukuoka, Jepang, Viviyona Apriyani dan Lidya Maulida JKT48 pun tidak melewatkan kesempatan untuk mencoba kuliner lokal di sana.

Yona dan Lidya ditemani oleh dua member HKT48, Riko Sakaguchi dan Emiri Yamashita, selama Study Tour di Fukuoka. Salah satu tempat yang mereka kunjungi adalah museum makanan dan budaya Haku Haku.

Haku Haku menyediakan tur bagi pengunjung yang ingin melihat sejarah dan proses pembuatan mentaiko, makanan khas Fukuoka. Yona dkk juga sempat mencoba membuat mentaiko mereka sendiri.

fukuoka-00

Mentaiko adalah makanan yang terbuat dari telur ikan pollock yang telah dibumbui dengan bubuk cabai. Ada bumbu rahasia yang ditambahkan ke dalam makanan ini.

“Di fasilitas ini, kira-kira ada 90 orang yang bekerja tetapi hanya dua orang yang mengetahui resep ini,” kata seorang staf.

fukuoka-01

Sebelum dimakan, mentaiko seharusnya didiamkan lebih dulu selama dua hari. Tetapi karena penasaran, member meminta Lidya untuk memakan mentaiko super pedas buatannya saat itu juga.

“Di dunia hanya ada satu yang seperti ini,” kata Riko Sakaguchi, mengomentari mentaiko Lidya yang penuh cabai.

fukuoka-02

Kisah JKT48 dan HKT48 membuat mentaiko ini telah ditayangkan di episode pertama Japan Try pada 8 Januari lalu. Selain di Haku Haku, mereka juga mengunjungi tempat-tempat lainnya seperti tempat latihan HKT48, mall dan rumah makan.

Japan Try dapat disaksikan di Jak TV setiap Minggu pukul 19:30 WIB.

hosting indonesia