Haruka Nakagawa kini tengah bersiap untuk graduate dari JKT48. Sebagai bagian dari kelulusannya, member asal Jepang ini akan menerbitkan sebuah buku berjudul GAPAPA.

Lewat GAPAPA, Haruka akan menceritakan berbagai hal yang tidak diketahui banyak orang selama ia merantau di Indonesia. “Sebelum graduate dari JKT48, aku mau cerita ke orang-orang. Jadi biar mereka tahu aku tuh di Indonesia empat tahun ngapain. Terus sedihnya apa, senengnya apa,” kata Haruka kepada Entertainment News.

Judul buku Haruka ini sendiri terhitung unik. Ternyata ada alasan tersendiri kenapa Haruka memutuskan untuk memberi judul GAPAPA pada buku pertamanya.

“Judul bukunya GAPAPA. Karena orang Jepang itu emang nggak tahu bahasa Indonesia ya. Jadi aku juga pertama mikir pengennya sih karena bukunya bikin di Jepang, jadi judulnya itu harus bahasa Jepang. Tapi aku tuh emang kayak pengennya harus bawain Indonesia juga gitu. Terus setelah ngomong dengan penerbitnya, judul bukunya GAPAPA,” papar Haruka.

Buku Haruka ini akan diterbitkan di Jepang pada Desember mendatang. Ada rencana untuk merilis buku ini di Indonesia, tapi Haruka mengaku belum mengetahui jadwal yang pasti.

“(Bukunya) dijual di Jepang. Kalau bisa dijual di Indonesia juga, tapi bukan tahun ini mungkin. Kalau di Jepang, (bukunya terbit) Desember,” kata Haruka.

Haruka mengumumkan kelulusannya dari JKT48 pada 27 Februari lalu. Pada 17 Desember mendatang, JKT48 akan menggelar konser kelulusan untuk Haruka di Trans Luxury Convention, Bandung.

Sumber: YouTube/Net Entertainment News

hosting indonesia