Graduation atau kelulusan selalu menjadi bagian tak terpisahkan dari perjalanan 48Group, tak terkecuali bagi NMB48. Khususnya sejak bulan Agustus, sister group yang berbasis di Namba ini terus didera rentetan pengumuman kelulusan terutama dari Team BII.

Siapa sajakah member NMB48 yang telah mengumumkan kelulusan tahun ini? Berikut rangkumannya:

Rina Kondo (Team M)

Rina Kondo mengumumkan kelulusannya dalam show RESET Team M pada 15 Januari. Member generasi pertama ini mengaku ingin mengejar mimpinya menjadi aktris setelah graduate.

“Sejak bergabung dengan NMB48, aku bisa mengalami banyak hal. Selama itu, aku menemukan sesuatu yang ingin aku lakukan dan di tahun kelimaku di NMB48, aku telah memutuskan untuk mengambil jalan yang berbeda demi mengejar impianku.”

Rina Kondo resmi graduate dari NMB48 pada 27 Januari.

Ayaka Umeda (Team BII)

Pada 23 Januari, Ayaka Umeda mengumumkan kelulusanya dalam event AKB48 Group Request Hour Setlist Best 100 2016. Sebelum ditransfer ke NMB48, Ayaka Umeda lebih dulu debut sebagai generasi kedua AKB48. Ia menjadi member terakhir di generasi kedua yang mengumumkan kelulusan.

“Terima kasih karena terus membuatku bersinar selama 10 tahun. Aku telah bertemu fans yang luar biasa. Aku juga bertemu member-member hebat yang dapat berbicara tentang impian.”

Event kelulusan Ayaka Umeda digelar di Zepp Namba pada 31 Maret.

Aika Nishimura (Team N)

Aika Nishimura mengumumkan kelulusannya pada 15 Februari. Lewat blog resmi NMB48, member generasi keempat ini menjelaskan bahwa ia akan menempuh studi bahasa Inggris di universitas setelah graduate.

“Aku sempat memikirkan cara untuk menyeimbangkan pekerjaan dan studi, tetapi aku sadar bagaimana sulitnya itu setelah aku mencoba mengatur aktivitasku selama SMA. Aku belum menyerah pada impianku untuk menjadi seorang aktris. Mulai sekarang, aku akan fokus belajar bahasa Inggris. Setelah itu, aku akan mengejar impianku menjadi aktris.”

Show terakhir Aika Nishimura di Teater NMB48 digelar pada 11 April.

Miyuki Watanabe (Team BII)

Kelulusan Miyuki Watanabe tentunya menjadi salah satu yang paling mengejutkan. Setelah bergabung selama lima tahun dengan grup, center andalan NMB48 ini mengumumkan kelulusannya dalam show di teater pada 13 April.

member NMB48 yang mengumumkan kelulusan

“Aku sangat bahagia bisa melewatkan hari-hari yang menakjubkan ini. Banyak member dari generasiku yang telah graduate. Ketika aku melihat ke grup, para juniorku sedang bersinar sangat terang. Aku ingin menyerahkan NMB48 ke generasi berikutnya.”

Miyuki Watanabe akhirnya lulus dari NMB48 lewat sebuah konser di Kobe World Kinen Hall pada 4 Juli.

Yui Shibata

Member Draft Team M ini mengumumkan kelulusannya dalam show teater pada 22 April. Yui Shibata memutuskan graduate karena alasan pendidikan.member NMB48 yang mengumumkan kelulusan

“Sejak bulan Maret, kondisi fisikku telah memburuk dan akhir-akhir ini, aku sangat memikirkan masa depanku. Aku membuat keputusan ini karena aku ingin belajar lagi. Tahun depan, aku berencana untuk belajar ke universitas.”

Yui Shibata resmi meninggalkan NMB48 pada 3 Mei.

Rika Kishino (Team N)

Rika Kishino mengumumkan kelulusannya pada 27 Agustus dalam event NMB48 Request Hour Setlist Best 235 2016. Setelah graduate, member generasi pertama ini berencana untuk melanjutkan karir sebagai penyanyi.

member NMB48 yang mengumumkan kelulusan

Mirei Ueda (Team BII)

Rentetan pengumuman kelulusan di bulan September dimulai dari Mirei Ueda. Member Team BII ini mengumumkan kelulusannya dalam show Saka Agari pada 5 September. Mirei Ueda memilih graduate untuk melanjutkan pendidikan.

member NMB8 yang mengumumkan kelulusan

“Karena aku sekarang telah memasuki tahun ketiga di SMA, aku mulai memikirkan masa depanku. Ketika aku memikirkan masa depanku sekali lagi, aku tetap berkeinginan bahwa aku akan melanjutkan pendidikan ke universitas.”

Mirei Ueda tampil memberi show terakhirnya di Teater NMB48 pada 30 September.

Haruna Kinoshita (Team BII)

Haruna Kinoshita mengumumkan kelulusannya dalam show Saka Agari Team BII pada 17 September. Setelah graduate, ia berniat melanjutkan kuliah.

“Tahun ini aku tidak ikut serta dalam Senbatsu Sousenkyo. Saat itu aku sudah memikirkan tentang kelulusanku. Setelah lulus, aku ingin melanjutkan pendidikanku ke universitas.”

Penampilan teater terakhir Haruna Kinoshita berlangsung pada 21 September.

Chiho Matsuoka (Team BII)

Kabar kelulusan di bulan September kembali datang dari Team BII. Kali ini, giliran Chiho Matsuoka yang mengumumkan kelulusan dalam show Saka Agari pada 26 September. Pasca graduate, Chiho Matsuoka ingin menempuh pendidikan ke luar negeri.

“Setelah memikirkan apa yang ingin aku lakukan, aku memutuskan bahwa sekolah ke luar negeri akan menjadi langkahku selanjutnya. Mungkin semua orang tidak menduga jika aku akan belajar ke luar negeri, tetapi aku merasa bahwa belajar ke luar negeri adalah sebuah langkah besar menuju mimpiku.”

Chiho Matsuoka graduate dari NMB48 pada 11 Oktober.

Kei Jonishi (Team N)

Wakil Kapten Team N Kei Jonishi secara mengejutkan mengumumkan kelulusannya dalam konser ulang tahun keenam NMB48 pada 18 Oktober. Kei Jonishi belum memutuskan apakah ia akan tetap di dunia hiburan setelah graduate nanti.member NMB48 yang mengumumkan kelulusan

“Aku telah memutuskan untuk mengambil langkah selanjutnya. Aku merasa puas dengan posisi dan lingkunganku saat ini. Jika aku terus bertahan seperti ini, penggemarku akan semakin menjauh, dan aku sendiri akan berhenti disini. Oleh karena itu, aku memutuskan untuk mengambil langkah berikutnya.”

Hazuki Kurokawa (Team BII)

Pengumuman kelulusan terbaru datang dari Hazuki Kurokawa. Pada 14 November, member Team BII ini mengumumkan kelulusannya dalam show Saka Agari. Hazuki Kurosawa mengaku ingin melanjutkan studi ke universitas.

member NMB48 yang mengumumkan kelulusan

“Saat ini aku kelas 3 SMA dan aku berencana melanjutkan pendidikanku ke perguruan tinggi untuk memperluas pengetahuanku.”

Sumber: Today Idol, Tokyo Girl’s Update, tokyohive

hosting indonesia