Menjadi kuat untuk mengucapkan selamat tinggal
Ada arti di balik pertemuan ini
Setelah kesedihan ini, terbentang masa depan kita
Awal mula selalu terjadi ketika sesuatu telah berakhir…

Demikianlah penggalan lirik dari lagu Sayonara no Imi Nogizaka46. Memiliki arti harfiah “Makna Perpisahan”, single Sayonara no Imi memang ditujukan sebagai perpisahan Nanami Hashimoto sebelum ia graduate dari Nogizaka46.

Ingin Pensiun

Penunjukan member yang akrab disapa Nanamin ini sebagai center untuk pertama kalinya tentunya disambut antusias oleh fans. Namun tidak lama berselang setelah pengumuman Senbatsu single ke-16, Nanami Hashimoto secara mengejutkan mengumumkan kelulusannya dari grup.

nanami hashimoto

Pada 20 Oktober, dalam program radio Nogizaka46 Nippon All Night, pengumuman kelulusan itu akhirnya keluar sendiri dari Nanami Hashimoto. Tidak hanya graduate dari grup, member generasi pertama itu juga akan undur diri dari dunia hiburan.

“Selain lulus dari Nogizaka46, aku juga akan pensiun dari dunia hiburan. Aku pikir aku ingin mulai hidupku sebagai perempuan normal saat usiaku 24 tahun nanti,” kata Nanami Hashimoto.

Sempat Alami Masa Sulit

Sedikit flashback, Nanami Hashimoto bergabung dengan Nogizaka46 lima tahun lalu. Ia diumumkan sebagai member generasi pertama bersama 35 member lainnya pada 11 Juni 2011.

Namun belum lama ini, ada fakta yang diceritakan oleh Nanami Hashimoto tentang masa lalunya. Sebelum sukses menjadi idol, ia ternyata sempat melalui kehidupan yang sulit.

“Dari awal, alasan aku menjadi idol adalah karena uang. (Keluarga) kami sangat miskin sampai-sampai air dan gas (kami) dipadamkan. Aku adalah anak tertua, dan aku merasa aku harus membantu adikku agar bisa sekolah. Aku berpikir aku harus melakukan sesuatu, dan berdasarkan apa yang bisa kulakukan di usiaku, aku akhirnya menjadi idol,” ungkapnya dalam program Nogizaka Under Construction.

Setelah adiknya kini telah bisa mandiri dan dengan dukungan ibunya, Nanami Hashimoto akhirnya memutuskan berhenti total dari dunia hiburan.

Resmi Dirilis

Sayonara no Imi akhirnya dirilis hari ini, 9 November. Single ini diluncurkan ke dalam lima versi: Limited Edition (Type A-D) dan Regular Edition. PV dari single ini telah dirilis secara terbatas untuk kawasan Jepang di kanal YouTube resmi Nogizaka46 pada Oktober lalu.

Nanami Hashimoto akan resmi meninggalkan Nogizaka46 pada 20 Februari 2017, tepat di hari ulang tahunnya yang ke-24. Berikut adalah beberapa komentar dari fans yang merasa kehilangan atas graduate-nya Nanami Hashimoto:

“Sayonara (selamat tinggal), Nanamin.”
“Sedih mendengar Nanamin graduate.”
“Nanamin adalah salah satu member favoritku. Sayonara, Nanamin.”
“Nanamin adalah member favoritku. Kelulusannya pasti akan sangat menyedihkan bagiku.”

hosting indonesia