JKT48 memiliki segudang event spektakuler yang telah mereka gelar sepanjang tahun 2016 ini. Beberapa event tersebut bahkan menjadi yang perdana digelar oleh sister group AKB48 dengan kota basis Jakarta ini. Berikut adalah tujuh dari berbagai event JKT48 tahun ini:

#1 Request Hour

Untuk pertama kalinya, JKT48 menggelar event Request Hour tahun ini. Event bertajuk JKT48 Request Hour Setlist Best 30 2016 ini digelar di Balai Sarbini pada 27 Februari 2016.

Dari total 215 lagu yang bisa di-vote, JKT48 mengungkap 30 besar lagu terfavorit pilihan fans secara countdown. Hasilnya, lagu Kebun Binatang Saat Hujan yang dibawakan oleh Team KIII -Acha, Yupi, Della, Hanna, Nadila, Ikha, Natalia dan Sinka- berhasil meraih peringkat pertama.

Secara mengejutkan, lagu-lagu unggulan seperti RIVER dan Koisuru Fortune Cookies ternyata tidak menembus peringkat teratas Request Hour. Sebaliknya, hasil dari peringkat 10 besar justru dinilai di luar prediksi banyak fans.

#2 The Untold Story of JKT48

Pada 7 Mei 2016, JKT48 menggelar sebuah event bertajuk The Untold Story of JKT48. Dipromotori oleh Eleven Pro, event ini menjadi event solo perdana yang digelar JKT48 di Stadion Gelora Bung Karno.

DVD the untold story of jkt48

The Untold Story of JKT48 dideskripsikan sebagai acara yang dirancang dengan menambahkan alur cerita yang dinarasikan. Acara tersebut mengungkap seperti apa perjalanan JKT48 sejak awal hingga sekarang. Melalui acara ini, fans bisa melihat sisi lain dari JKT48.

#3 Senbatsu Sousenkyo Ke-3

Senbatsu Sousenkyo tentunya menjadi salah satu event paling dinantikan oleh fans JKT48. Pada 7 Mei 2016, di hari dan venue yang sama dengan pagelaran The Untold Story of JKT48, Senbatsu Sousenkyo ketiga JKT48 digelar.

Foto: stage48.net

Hasil dari Sousenkyo ini menentukan Senbatsu untuk single ke-13 Hanya Lihat ke Depan. Dengan total dukungan 42,005 suara, Jessica Veranda dinyatakan sebagai jawara Sousenkyo tahun ini. Ve mencetak sejarah di 48Group sebagai member pertama yang bisa menjuarai Sousenkyo selama dua tahun berturut.

#4 Teater Sementara di Surabaya

Merespon antusiasme fans di luar Jakarta, JKT48 akhirnya membuka teater sementara di Surabaya. Teater yang bertempat di Taman Budaya Cak Durasim tersebut menjadi teater pertama JKT48 di luar kota basis mereka.

Foto: Facebook/OfficialJKT48

JKT48 menggelar show di teater Surabaya sepanjang 17 Juli hingga 4 Agustus 2016. Pembukaan teater ini mendapat sambutan luar biasa dari fans setempat. Terbukti, sepanjang tiga pekan dibuka, show teater JKT48 di Surabaya tidak pernah sepi penonton.

#5 Grand Shuffle

Tahun ini JKT48 melakukan perombakan besar-besaran pada susunan Team mereka. Grand Shuffle ini diumumkan dalam handshake event Hanya Lihat ke Depan pada 11 September 2016.

Facebook/OfficialJKT48

Salah satu kejutan dari shuffle ini adalah “pembongkaran” total Team T. Mulai 1 Desember mendatang, seluruh member asli Team T akan dipecah ke Team J dan KIII. Sementara itu, Team T yang baru akan diisi oleh member Generasi 4 dan 5, plus Melody sebagai Kennin.

#6 Janken Competition

Setelah Request Hour, Janken Competition menjadi event berikutnya yang digelar perdana oleh JKT48. Kompetisi suit ini diadakan di Balai Sarbini pada 19 Agustus 2016.

Usai melalui ronde demi ronde pertandingan, Sinka Juliani Team KIII akhirnya keluar sebagai Ratu Janken pertama JKT48. TOP 16 Janken ini mendapat hadiah berupa posisi Senbatsu di single ke-14 Love Trip.

Foto: stage48.net

Tidak hanya posisi center, Sinka sebagai juara utama Janken Competition mendapat kesempatan untuk bertanding Janken di Jepang. Sinka berpartisipasi sebagai peserta Janken Tournament AKB48 di Kobe World Memorial Hall pada 10 Oktober lalu.

#7 Teater di Jepang

Selama 15-16 Oktober 2016, JKT48 tampil dalam tiga show Boku no Taiyou di Teater AKB48 di Akihabara, Tokyo. Show ini menjadi show perdana JKT48 di teater sister group mereka tersebut.

Foto: Twitter/OfficialJKT48

Selain itu, show di Jepang ini juga ditujukan sebagai thanksgiving Haruka Nakagawa menjelang kelulusannya. Penampilan teater JKT48 sukses menuai respon positif dari fans Jepang.

Di penghujung tahun ini, JKT48 masih memiliki event besar lainnya. JKT48 dijadwalkan menggelar konser bertajuk BELIEVE untuk peringatan tahun ke-5 mereka dan untuk kelulusan Haruka Nakagawa pada 17 Desember mendatang.

hosting indonesia