Tahun 2016 sudah hampir sampai di penghujung. Selama dua bulan terakhir menuju pergantian tahun, para idol group dari keluarga 48/46Group sudah siap meluncurkan single-single terbaru mereka. Tercatat ada lima single yang akan dilempar secara bergantian sepanjang November dan Desember tahun ini. Apa saja kah? Berikut daftarnya:

Nogizaka46 – Sayonara no Imi

Sama seperti judulnya, single ke-16 Nogizaka46 ini akan menjadi kesempatan Nanami Hashimoto mengucapkan “sayonara” kepada grup dan fans. Single ini adalah single pertama dan terakhir Nogizaka46 yang menampilkan Nanami Hashimoto sebagai center.

Pada Oktober lalu, Nanami Hashimoto telah mengumumkan kelulusannya dari Nogizaka46. Setelah graduate pada 2017, member generasi pertama itu akan berhenti total alias pensiun dari industri hiburan.

Nogizaka46 akan merilis single Sayonara no Imi pada 9 November 2016.

AKB48 – High Tension

Usai melakukan “perjalanan cinta” di single ke-45, AKB48 kini tampil beda dengan single terbaru bertajuk High Tension. Sama seperti Sayonara no Imi, single ini juga akan menjadi single perpisahan Haruka Shimazaki.

Sebagaimana diketahui, Haruka Shimazaki yang menjadi center single ke-46 ini telah mengumumkan kelulusannya dari grup. Sebuah lagu berjudul Better dalam single High Tension pun dihadiahkan sebagai lagu kelulusannya. Paruru menyanyikan lagu Better bersama member seangkatannya di generasi sembilan.

High Tension akan dirilis pada 16 November 2016

Keyakizaka46 – Futari Saison

Setelah sukses berat di dua single sebelumnya, Silent Majority dan Sekai ni wa Ai Shika Nai, Keyakizaka46 akan comeback dengan single ketiga bertajuk Futari Saison. Single ini menjadi penampilan ketiga secara berturut Yurina Hirate sebagai center Keyakizaka46.

Keyakizaka46 siap menyusul sister group mereka Nogizaka46 dengan merilis Futari Saison pada 30 November 2016.

Sub-Unit Janken – Judul (TBA)

Pada 3 November, Miku Tanabe sang Ratu Janken 2016 menyampaikan kepastian rilisnya single debut sub-unit Janken. Ia dan enam pemenang Janken lainnya akan tampil sebagai Senbatsu di single terbaru AKB48 yang dijadwalkan rilis pada 21 Desember.

Single ini menjadi hadiah bagi para pemenang Janken Tournament 2016 yang digelar di Kobe World Memorial Hall pada 10 Oktober lalu. Peringkat 1-7 Janken kali ini akan tampil sebagai sub-unit Senbatsu, sedangkan peringkat 8-14 akan membawakan coupling song.

NMB48 – Judul (TBA)

Sister group di Namba, NMB48, juga tidak mau ketinggalan merilis single terbaru mereka. Dalam konser ulang tahun keenam Oktober lalu, NMB48 mengumumkan bahwa mereka akan mengeluarkan single ke-16 pada 28 Desember mendatang.

Single ini akan menjadi single pertama yang diluncurkan NMB48 setelah graduate-nya Miyuki Watanabe. Sang Kapten Team N Sayaka Yamamoto akan tampil kembali sebagai center di single terbaru ini.

JKT48 – Judul (TBA)

Tidak kalah dari sister group di Jepang, JKT48 di Indonesia juga tengah berancang-ancang merilis single baru mereka. Uniknya, single terbaru JKT48 ini akan diproduksi sebagai single bertema Natal.

jkt48 batal tampil

Kemungkinan, single Natal JKT48 akan dirilis sekitar akhir November. Sedikit bocoran dari Shania Junianatha, jajaran Senbatsu single ini nantinya akan diisi oleh member-member berkeyakinan Nasrani.

hosting indonesia